Perubahan Iklim adalah Fenomena Transfigurasi Cuaca, Ini Penjelasannya

Siti Nur Aeni
10 Juni 2022, 11:38
perubahan iklim adalah
Rawpixel.com
Ilustrasi planet Bumi.

Iklim adalah rata-rata cuaca yang merupakan keadaan atmosfer dalam waktu tertentu. Dari sini, kita bisa mengetahui bahwa perubahaan iklim adalah, transfigurasi atau perubahan cuaca dalam dalam waktu tertentu. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini terjadi. Aktivitas manusia turut mempengaruhi perubahan iklim di bumi.

Akibat adanya perubahan iklim, maka keseimbangan ekosistem di bumi lambat laun mulai terganggu. Oleh sebab itu, saat ini perubahan iklim menjadi isu serius yang patutu diwaspadai banyak pihak.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar perubahan iklim dari pengertian hingga dampak yang ditimbulkan. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Perubahan Iklim?

Jika akhir-akhir ini kita merasakan cuaca yang tiba-tiba berubah, mungkin saja hal itu termasuk dampak dari perubahan iklim yang terjadi di bumi. Perubahan iklim menjadi isu serius yang perlu diperhatikan semua pihak.

Lantas, apa sebenarnya perubahan iklim tersebut? Berikut sejumlah definisi perubahan iklim yang perlu dipahami.

Undang-undang No. 31 Tahun 2009 Tentang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Menurut UU Nomor 31 Tahun 2009, perubahan iklim dimaknai sebagai berubahnya iklim yang diakibatkan langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia, yang menyebabkan perubahan komposisi atmosfer secara global serta perubahan variabilitas iklim alamiah yang teramati dalam kurun waktu yang dapat dibandingkan.

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim

Pengertian lain dari perubahan iklim adalah perubahan signifikan pada iklim, suhu udara, dan curah hujan mulai dari 10 sampai jutaan tahun. Perubahan ini terjadi akibat tingginya konsentrasi karbon dioksida dan gas lain di atmosfer yang megakibatkan adanya efek gas rumah kaca.

Persatuan Bangsa-Bangsa

Menurut PBB, perubahaan iklim merupakan perubahan suhu dan pola cuaca dalam jangka panjang. Pergeseran ini bisa terjadi secara alami, seperti akibat variasi siklus matahari. Akan tetapi, sejak 1800-an, aktivitas manusia menjadi penyebab utama perubahan iklim tertutama akibat pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)

Sementara itu, definisi perubahan iklim menurut IPCC adalah perubahan keadaan iklim yang bisa diidentifikasi dengan perubahan rata-rata dan/atau variabilitas sifat-sifatnya. Perubahan tersebut terjadi dalam waktu yang lama, umumnya beberapa dekade atau lebih.

World Wildlife Fund (WWF)

Definisi perubahan iklim menurut WWF adalah perubahan pola iklim global atau regional yang diakibatkan meningkatkan jumlah gas rumah kaca di atmosfer yang dipicu oleh penggunaan bahan bakar fosil.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...