DKI Jakarta Kota Polusi Terburuk Dunia, DPRD Sentil Acara Balap Anies

Lavinda
Oleh Lavinda
20 Juni 2022, 20:52
Polusi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Deretan gedung bertingkat tersamar kabut polusi udara di Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Anggota DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana meminta Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengambil langkah konkret untuk mengatasi polusi udara di Ibu Kota.

Sebelumnya, DKI Jakarta masuk dalam peringkat lima besar dunia sebagai kota paling berpolusi dalam beberapa hari terakhir. Lembaga data kualitas udara, IQ Air bahkan sempat menempatkan DKI Jakarta pada posisi pertama di dunia sebagai kota dengan kualitas udara terburuk, Jumat (17/6) pagi.

Menurut Justin, kondisi polusi udara terburuk ini seperti sudah menjadi agenda tahunan. Namun Pemprov DKI Jakarta terkesan tidak serius mengatasinya. Padahal Pemprov memiliki kemampuan finansial yang mumpuni dan kemampuan menegakkan peraturan.

"Seharusnya dilakukan sesuatu yang lebih konkret. Saat ini gubernur kita sepertinya lupa terhadap masalah-masalah utama Jakarta, seperti polusi, kemacetan, banjir, air bersih, dan lain sebagainya. Selama ini seolah cuma asyik bikin jalur sepeda, warna cat genteng, atau balap-balapan saja," kata Justin seperti dikutip Antara, Senin (20/6).

Pelaksana tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko menjelaskan, beberapa hari terakhir tingkat polutan di Jakarta mengalami lonjakan tinggi, hingga bisa dilihat secara kasat mata.

Menurut Urip, kualitas udara di Jakarta dipengaruhi oleh berbagai sumber emisi yang berasal dari sumber lokal, seperti transportasi dan residensial, ataupun dari kawasan industri.

Maka itu, menurut Justin, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus segera memperbanyak uji emisi gratis, baik untuk kendaraan di Jakarta atau kendaraan dari Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) yang masuk ke Jakarta.

Selain itu, dia juga meminta DLH melakukan pemeriksaan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dari semua pabrik dan tempat usaha yang menghasilkan polusi udara di Jakarta, termasuk menindak tegas pelaku usaha yang menghasilkan polutan di luar batas aman.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...