Jokowi Tanggapi Isu soal Restu untuk Prabowo Jadi Capres 2024

Menurut Jokowi, tidak mungkin dirinya, sebagai Kepala Negara, mengatakan tidak ketika ada menteri yang menyampaikan keinginannya maju dalam Pilpres.
Image title
Oleh Lavinda
13 Agustus 2022, 17:43
Jokowi
ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Setpres/Lukas/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) saling memberi salam dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kanan) saat bersilaturahim pada hari pertama Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu yang menyebut dirinya telah memberikan restu kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Istilahnya, saya kira, karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan. Ndak, kan nggak begitu. Ya, silakan," kata Jokowi seperti dikutip Antara, Jumat (12/8).

Menurut Jokowi, sistem demokrasi memang seperti itu. Tidak mungkin dirinya, sebagai Kepala Negara, mengatakan tidak ketika ada menteri yang menyampaikan keinginannya maju dalam pilpres.

"Silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu. Ya silakan saja," ujar Jokowi.

Advertisement

Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Rapimnas Partai Gerindra yang dihadiri 8.500 kader, menghendaki Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Rapimnas itu digelar di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Jumat (12/8).

Muzani mengatakan, salah satu hal yang melandasi suara kader Gerindra bulat mendukung Prabowo sebagai capres ialah karena sosok mantan Pangkostrad itu dinilai populer dari hasil survei dan tidak pernah bergeser dari komitmen menjaga keutuhan negara RI.

Di pengujung acara Rapimnas Partai Gerindra, Prabowo Subianto berpidato dan menyatakan siap dicalonkan kembali sebagai Presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Dengan demikian, Prabowo tercatat telah sebanyak tiga kali mencalonkan diri sebagai Calon Presiden RI pada tiga pemilu berturut-turut. 

"Dengan mengucap bismilah, setelah saya mempelajari dengan seksama sikap setiap DPD dan sayap partai yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden RI 2024, Dengan ini Saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon Presiden Republik Indonesia," papar Prabowo dalam Pidatonya saat Rapimnas seperti ditayangkan di platform Youtube, Jumat (12/8).

Dia mengatakan, sejak usia muda, dirinya bersama para pejuang lain telah bersumpah siap memberi jiwa dan raganya kami untuk Republik Indonesia. Dengan demikian, pada malam hari ini, dia mengaku siap terus berjuang untuk bangsa, negara dan rakyat Indonesia. Advertisement "Seluruh jiwa raga saya persembahkan untuk Ibu Pertiwi. Merdeka, Merdeka, Merdeka! Gerindra, Gerindra, Gerindra. Terima kasih," ujar Prabowo menutup pidatonya.

Menurut dia, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang besar, sumber daya alam yang kaya, dan pemimpin yang rukun. Hal ini merupakan nilai yang sangat mahal. Karena itu, Prabowo ingin meneruskan kerukunan, kerja sama, dan kekeluargaan politik. Prabowo juga berterima kasih kepada para anggota Partai Gerindra yang tetap setia bersama dirinya sejak awal berdiri hingga saat ini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait