Liz Truss Terpilih Jadi Perdana Menteri Inggris, Dilantik Hari Ini

Lavinda
Oleh Lavinda
6 September 2022, 06:10
Inggris
Katadata
Liz Truss

Liz Truss akan dilantik menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru pada Selasa (6/9) hari ini, menggantikan Boris Johnson yang mengundurkan diri pada Juli 2022 lalu, karena serangkaian skandal.

Setelah Johnson secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya kepada Ratu Elizabeth pada Selasa (6/9), Truss juga akan mengunjunginya di kediamannya di Skotlandia Balmoral. Sebagai pemimpin partai terbesar di parlemen, dia akan diundang untuk membentuk pemerintahan.

Liz terpilih menjadi Perdana Menteri Britania Raya setelah memenangkan suara terbanyak dalam kontes kepemimpinan Partai Konservatif, mengalahkan saingannya Rishi Sunak dengan 81.326 suara berbanding 60.399 suara anggota partai.

Mantan Menteri Luar Negeri ini akan dilantik di tengah kondisi warga Inggris yang menghadapi krisis ekonomi dan sosial. Dalam pidato kemenangannya di sebuah pusat konferensi di London pada Senin (5/9), Liz berjanji akan mengambil kebijakan demi mengatasi krisis yang ada di negaranya.

Dikutip dari CNN, Truss menjanjikan rencana berani untuk memangkas pajak dan membangun pertumbuhan ekonomi. Selain itu, dia juga berjanji menyelesaikan krisis energi, menangani tagihan energi masyarakat, sembari menangani masalah jangka panjang terkait pasokan energi.

Perempuan berusia 47 tahun itu akan mengikuti Margaret Thatcher dan Theresa May untuk menjadi perdana menteri wanita ketiga di Inggris. Meskipun memilih untuk tetap berada di Uni Eropa pada 2016, dia mendapati dirinya menjadi kandidat pilihan dari sebagian besar pendukung Brexit di partainya.

Sebelumnya, Boris Johnson resmi mundur dari jabatannya sebagai perdana menteri Inggris pada 7 Juli lalu. Pengumuman tersebut resmi disampaikan Boris di Downing Street, London pada Kamis sekitar pukul 12.30 waktu setempat.

Dalam pidato pengunduran dirinya tersebut, Boris mengatakan, "Tidak ada seorang pun dalam politik yang sangat diperlukan," terang politisi yang menjabat sebagai PM Inggris kurang dari tiga tahun itu, seperti dikutip dari Sky News.

Lantas, bagaimana sepak terjang Boris selama menjadi perdana menteri?

Ada sejumlah kontoversi yang mewarnai karier politik Boris.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...