Polisi Disarankan Tes Urine Dadakan Setiap Saat, Cegah Narkoba Beredar

Lavinda
Oleh Lavinda
15 Oktober 2022, 10:09
Polisi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri bawah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh menyarankan adanya pelaksanaan tes urine secara mendadak setiap saat bagi aparat polisi.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan untuk melumpuhkan jaringan narkoba dan mencegah aparat Korps Bhayangkara ikut terseret dalam jaringan, bahkan ikut menikmatinya.

"Salah satu cara terampuh mencegah dan mengatasi jebakan bisnis hitam narkoba, agar tidak menyasar aparat kepolisian adalah lakukan tes urine secara mendadak setiap saat," kata Pangeran dikutip dari Antara, Sabtu (15/10).

Dia menyarankan pihak kepolisian untuk menghukum seberat-beratnya aparat yang memperoleh hasil positif dalam uji klinis itu. Pernyataan itu disampaikan merespons kasus penangkapan Irjen Pol Teddy Minahasa yang diduga terlibat dalam peredaran narkoba. 

Pangeran mengatakan, kejahatan narkoba menjadi target kepolisian untuk diberantas, tetapi faktanya juga menyisakan persoalan yang rawan bagi aparat kepolisian.

Persoalan yang rawan dan rentan itu, menurut dia, karena dunia narkoba merupakan kejahatan dengan perputaran uang senilai puluhan hingga ratusan triliun rupiah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...