Kemendag Berikan Penghargaan bagi Eksportir dan Importir Loyal

Lavinda
Oleh Lavinda
18 Oktober 2023, 21:06
Kemendag
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Aktivitas bongkar muat di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (10/1/2021).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali memberi penghargaan Primaniyarta dan Primaduta 2023 bagi para pelaku usaha yang mampu meningkatkan ekspor dan para pembeli atau importir yang loyal.

Penghargaan Primaniyarta diberikan kepada 17 penerima, terdiri dari 13 eksportir dan 4 kepala daerah terpilih yang terus meningkatkan nilai ekspornya.

Penghargaan Primaduta diberikan kepada 25 penerima, terdiri atas 23 buyer yang loyal sebagai mitra eksportir Indonesia serta 2 perwakilan yang aktif mencari pembeli.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-38, di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten, Rabu (18/10).

Turut mendampingi Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi.

Jerry Sambuaga berharap penghargaan ini dapat meningkatkan semangat para pelaku usaha untuk terus meningkatkan ekspor non-migas.

"Kami mengapresiasi kontribusi yang diberikan para pemangku kepentingan terhadap perkembangan ekspor Indonesia. Semoga ini juga dapat menginspirasi para pelaku usaha lainnya untuk meningkatkan ekspor ke pasar global,” kata Jerry dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10).

Penghargaan Primaniyarta merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah untuk para eksportir dalam meningkatkan ekspornya secara berkesinambungan.

Kali ini, penghargaan Primaniyarta diberikan dalam sembilan kategori, yaitu Eksportir Pengembang Pasar Baru, Eksportir Jasa, Eksportir Produk Digital, Eksportir Produk Berkelanjutan, Eksportir Produk Inovatif, Eksportir Produk Industri Manufaktur, Eksportir Produk Halal Dan Fesyen Muslim, Eskportir Pemula, Serta Kepala Daerah Pendukung Ekspor.

Sementara itu, penghargaan Primaduta diberikan kepada para pembeli luar negeri produk Indonesia yang secara kontinu dan loyal membeli produk Indonesia dengan tren yang terus meningkat.

Penghargaan Primaduta diberikan untuk tujuh kategori yaitu Importir Berkinerja, Importir Promotor Produk Indonesia, Importir Jasa, Importir Produk Usaha Kecil dan Menengah, Importir Produk Halal dan Fesyen Muslim, Diaspora Pendukung Ekspor, serta Perwakilan RI Pendukung Ekspor.

Penerima Tanda Penghargaan Primaniyarta 2023:
I. Kategori Eksportir Pengembang Pasar Baru
1. PT Biota Laut Ganggang, Sulawesi Selatan
2. PT Orson Indonesia, DKI Jakarta
3. CV Kalingga Putra, Jawa Tengah

II. Kategori Eksportir Jasa
1. PT Mocca Multi Talenta, Jawa Timur

III. Kategori Eksportir Produk Digital
1. PT Kirim Email Indonesia, Jawa Barat

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...