Transaksi Naik, Tokopedia Andalkan Tiga Strategi Sasar Pasar Luar Jawa

Fahmi Ahmad Burhan
16 September 2021, 16:32
Tokopedia, e-commerce, UMKM
Tokopedia
Fitur Tokopedia Nyam di platform Tokopedia

Perusahaan e-commerce Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi yang signifikan di luar Jawa. Ke depan, Tokopedia memutuskan untuk mengandalkan setidaknya tiga strategi guna menyasar pasar Luar Jawa tersebut.

Berdasarkan data internal, nilai penjualan Tokopedia di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat 144,6% selama pandemi Covid-19. Kemudian, Sulawesi Tengah meningkat 73,4%, lalu Sulawesi Selatan meningkat 73,3%. 

"Hampir semua provinsi mengalami kenaikan penjualan, tapi NTB, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan mencatatkan peningkatan penjualan paling besar," kata AVP of Product Tokopedia, Puput Hidayat dalam konferensi pers virtual pada Kamis (16/9).

Selain dari sisi penjualan, jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baru yang bergabung ke Tokopedia dari luar Pulau Jawa juga paling banyak. Provinsi Bali mencatatkan peningkatan jumlah UMKM baru sebanyak 66,2% selama pandemi Covid-19.

Menurutnya, mengacu data tersebut, pasar luar Jawa memang potensial. "Maka kami pun meningkatkan inisiatif. Kami ingin bangun jembatan di luar Pulau Jawa, menghubungkan pembeli dan penjual," ujarnya.

Tokopedia juga mengandalkan tiga strategi guna meningkatkan jumlah transaksi dan pertumbuhan UMKM di luarJawa. Pertama, menyiapkan fasilitas logistik. Menurut Puput, Tokopedia mempunyai 13 mitra logistik yang memfasilitasi pengiriman barang dari penjual ke pembali. "Ini agar UMKM bisa mengirimkan produknya ke pembeli dengan cepat," kata Puput.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...