Facebook, WhatsApp, dan Instagram Down Diduga karena DNS

Gangguan akses Facebook, Instagram, dan WhatsApp ini menjadi yang terparah sejak 2019. Tidak hanya di Indonesia, gangguan juga terjadi di seluruh dunia.
Image title
5 Oktober 2021, 08:50
Facebook, Instagram, Whatsapp
Katadata
Facebook

Aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram mengalami gangguan (down) sejak Senin malam (4/10) hingga Selasa pagi (5/10). Penyebab gangguan diduga adalah sistem nama domain (Domain Name System/DNS) yang bermasalah.

Meskipun Facebook belum memberikan penjelasan terkait penyebab gangguan tersebut, tapi dalam pengujian oleh BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons. Hal tersebut menunjukkan bahwa konfigurasi DNS atau server ketiga aplikasi mengalami masalah.

Menurut jurnalis Brian Krebs, DNS Facebook, WhatsApp, dan Instagram juga telah ditarik dari sistem global. "Ini spekulasi pada titik alasan DNS bermasalah. Facebook juga telah mengendalikan catatan DNS-nya sendiri," katanya dikutip dari Engadget pada Senin (4/10).

Diketahui, DNS merupakan sistem yang berfungsi menyimpan semua informasi data domain dalam jaringan. Sistem ini akan membawa pengguna untuk mengakses situs atau aplikasi yang menjadi tujuannya. 

Mengutip The Verge, berdasarkan pantauan DNSchecker.org, sejumlah pengguna juga gagal dalam melakukan pengujian server DNS ISP di ketiga aplikasi tersebut. Pengguna baru berhasil menemukan rute akses ke DNS setelah Facebook, WhatsApp, dan Instagram pulih.

"Kami dapat mulai menggunakan Facebook dan Instagram secara normal, namun perlu waktu agar perbaikan DNS dapat menjangkau semua orang," demikian dikutip dari The Verge pada Selasa (5/10).

Di akun Twitter resminya, CTO Facebook Mike Schroepfer juga mengatakan bahwa perusahaan mengalami masalah jaringan. "Tim bekerja secepat mungkin untuk men-debug dan memulihkan secepat mungkin," katanya.

Sejumlah engineer Facebook juga telah dikirim ke pusat data perusahaan di Amerika Serikat (AS) untuk mencoba dan memperbaiki gangguan tersebut.

Kini Facebook, WhatsApp, dan Instagram telah pulih. Sebelumnya, berdasarkan pantauan dari Downdetector, gangguan ketiga aplikasi tersebut terjadi sejak pukul 23.00 WIB, kemarin (4/10). Perusahaan butuh waktu pemulihan 6 jam sejak gangguan mulai terjadi.

Gangguan akses tersebut menjadi yang terparah sejak 2019. Tidak hanya di Indonesia, gangguan juga terjadi di seluruh dunia.

Peristiwa ini pun menghebohkan para penggunanya, yang kemudian ramai berkomentar di media sosial lainnya, seperti Twitter. #Whatsapp pun menjadi topik terpopuler di Twitter.

Dalam akun resminya di Twitter,  pengelola WhatsApp mengakui para penggunanya tengah menghadapi masalah akses ke aplikasi pesan tersebut saat ini.

"Mohon maaf untuk semua yang belum bisa menggunakan WhatsApp. Kami mulai perlahan dan hati-hati membuat WhatsApp berfungsi kembali," kata pengelola Whatsapp. Mereka pun meminta para pengguna aplikasi pesan yang mencapai lebih dua miliar pengguna tersebut untuk bersabar.

Penjelasan senada disampaikan oleh pengelola Instagram dalam akun Twitter resminya, yaitu @InstagramComms. "Instagram dan teman-temannya sedang menghadapi masalah kecil saat ini," kata Instagram sembari melampirkan  tag #instagramdown.

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait