Bayar Utang Bank, Sinarmas Land Jual Properti di London

Sinarmas Land menjual sejumlah properti miliknya di London dengan harga tunai mencapai 72 juta Poundsterling atau setara Rp 1,45 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membayar pinjaman bank.
Image title
Oleh Lavinda
20 April 2021, 17:42
Sinarmas Land menjual sejumlah properti miliknya di London dengan harga tunai mencapai 72 juta Poundsterling atau setara Rp 1,45 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membayar pinjaman bank.
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Warga penghuni berjalan menikmati botanic park di kawasan Nava Park BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (8/4/2021).

Sinarmas Land Limited, perusahaan properti raksasa yang tercatat di Bursa Singapura, menjual sejumlah properti miliknya di London dengan harga tunai mencapai 72 juta Poundsterling atau setara Rp 1,45 triliun (Data kurs RTI Rp20.187). Dana tersebut akan digunakan salah satunya untuk membayar pinjaman bank atas properti.

Berdasarkan informasi dari Bursa Efek Singapura atau Singapore Exchange, Properti bernama Unlimited House yang dilego itu berupa gedung perkantoran dan residensial.

Properti menyediakan ruang perkantoran level A seluas 44.116 meter persegi dan 5 unit hunian mandiri sebanyak seluas 2.928 kaki persegi.

Properti yang berlokasi di 10 Great Pulteney Street, London, Inggris itu dimiliki sepenuhnya oleh anak perusahaan Sinarmas yakni, SML Great.

Advertisement

"(Sinarmas) Grup bermaksud menggunakan hasil bersih untuk pembayaran kembali pinjaman bank atas properti, modal kerja, dan akuisisi investasi atau pengembangan properti di masa mendatang," ungkap Direktur Sinarmas Land Robin Ng Cheng Jiet dalam keterangan tertulis.

Penjualan properti itu tercantum dalam laporan kinerja keuangan perseroan yang berakhir pada 31 Desember 2020. Berdasarkan pertimbangan dan nilai aset bersih pro forma sebesar 56,5 juta Poundsterling atau sekitar Rp 1,14 triliun.

 

Di dalam keterangan tertulis, Robin menyebutkan grup akan meraih keuntungan dari pelepasan properti itu sekitar 15,6 juta Poundsterling. Adapun, aset berwujud bersih per saham akan meningkat dari US$ 1,02 menjadi US$ 1,03.

Transaksi didasari kesepakatan antara pembeli dan penjual, serta memperhitungkan harga transaksi terkini dari properti serupa di lokasi yang sama. Sinarmas menambahkan, pembeli juga telah melakukan perhitungan nilai sendiri yang dilakukan oleh perusahaan valuasi profesional.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait