CIMB Niaga Syariah Bukukan Laba Rp 459 Miliar Kuartal I, Melonjak 42%

CIMB Niaga Syariah menerapkan program keuangan berkelanjutan, salah satunya dengan menyediakan pembiayaan syariah khusus untuk pembelian sepeda motor listrik
Image title
Oleh Lavinda
25 Juni 2021, 13:24
Unit Usaha Syariah Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) mengalami pertumbuhan laba signifikan hingga 42,5% dan kenaikan aset 7,2% pada kuartal I 2021.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi CIMB niaga di kawasan Senayan, Jakarta Selatan (14/3).

Unit Usaha Syariah Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) mengalami pertumbuhan laba signifikan hingga 42,5% dan kenaikan aset 7,2% pada kuartal I 2021. Hal itu diklaim sebagai upaya serius perusahaan dalam mengembangkan unit perbankan syariah.

Berdasarkan keterangan tertulis, laba CIMB Niaga Syariah tercatat Rp 459 miliar pada kuartal I 2021 atau melonjak 42,5% dari raihan laba periode yang sama tahun lalu. Perusahaan juga mengalami pertumbuhan aset 7,2% menjadi Rp 45,4 triliun.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menyampaikan porsi aset syariah terhadap aset induk usaha juga terus meningkat. Hal ini membuat CIMB Niaga Syariah mempertahankan posisinya sebagai unit usaha syariah terbesar di Indonesia, dari sisi aset.

Nilai aset yang dibukukan CIMB Niaga Syariah ditopang oleh penyaluran pembiayaan dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) masing-masing Rp 32,4 triliun dan Rp 29,6 triliun per 31 Maret 2021. Rasio komposisi dana murah atau current account savings account (CASA) tercatat 50,2% pada kuartal I 2021, atau naik 11,8% Year on Year (YoY).

Advertisement

"Kualitas aset terjaga dengan rasio kredit macet atau non-performing financing (NPF) hanya 0,9%," ujar Pandji dalam keterangan tertulis, Kamis (24/6).

Demi mengikuti perkembangan teknologi, perusahaan terus mengoptimalkan layanan digital melalui mobile banking yang dirancang layaknya super app. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, terutama akses finansial untuk menabung, bertransaksi, investasi, hingga pembiayaan. 

Program Keuangan Berkelanjutan

CIMB Niaga Syariah mencanangkan program 'Sharia Sustainable Development Goals Initiatives 2020', yakni layanan jasa keuangan yang menerapkan keberlanjutan guna menjaga keberlangsungan generasi mendatang.

Pandji mengatakan hal itu dilakukan karena perusahaan ingin berperan aktif untuk menjaga kelestarian lingkungan dan bumi, dengan fokus pada keberlanjutan sebagai aspek penting dalam menjalankan bisnis.

Sejumlah strategi yang dijalankan antara lain, program pembiayaan syariah khusus untuk pembelian sepeda motor listrik. Selain itu, program pembiayaan sindikasi syariah untuk perumahan yang telah memenuhi standar prinsip keberlanjutan. Terakhir, program wakaf uangdan program tabungan mapan wakaf dengan menyediakan air bersih.

Tak hanya menerapkan program keuangan berkelanjutan, perusahaan juga berupaya meningkatkan ekosistem sosial dan pembangunan ekonomi syariah. Caranya, menerapkan sejumlah strategi, termasuk menggarap komunitas halal tour and travel, sekolah Islam, gaya hidup halal, rumah sakit islam, dan filantropi serta organisasi muslim.

CIMB Niaga Syariah berperan menggabungkan berbagai komunitas dan memfasilitasi kebutuhan finansialnya. "Kami telah menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga mitra dari berbagai komunitas tersebut," kata Pandji.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait