Erick Thohir Lantik Eks-Pejabat Inalum Jadi Deputi Kementerian BUMN

Image title
18 Agustus 2021, 18:05
Erick Thohir, Deputi BUMN, Kementerian BUMN, BUMN
Katadata
Gedung Kementerian BUMN di Kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, (17/11/2014).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir melantik Tedi Bharata sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi (SDM-TI) Kementerian BUMN. Ia menggantikan Alex Denni yang kini menjabat sebagai Deputi SDM Aparatur di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Sebelum diangkat menjadi Deputi SDM dan TI BUMN, Tedi Bharata sempat menjabat sebagai VP Office of The Board di Holding BUMN Tambang, dan Komisaris Pertamina Patra Niaga. Tedi juga pernah bekerja di Siemens dan Bank of America Merrill Lynch. Kemudian, menjadi Staf Khusus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Staf Khusus Menteri Perdagangan.

Erick mengatakan, pengangkatan Tedi merupakan bentuk transformasi SDM di Kementerian BUMN. "Hal ini berlaku tidak hanya di Kementerian BUMN, tetapi juga di perusahaan BUMN karena transformasi human capital tentu sangat diperlukan,” ujar Erick melalui rilis, Rabu (18/8).

Dalam sambutan itu, Erick juga memamerkan capaian dari SDM di Kementerian BUMN yang dipercaya mendapatkan jabatan lebih tinggi di instansi lain. Selain Alex Denni, sebelumnya Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Kesehatan.

"Ini membuktikan hasil kerja keras bersama dilihat oleh banyak kementerian,” katanya seraya mengingatkan masih banyak tugas dan transformasi yang harus dilakukan.

Pada kesempatan tersebut, Tedi Bharata menyampaikan beberapa program kerjanya, antara lain merumuskan kebijakan new normal dengan semangat pandemi Covid-19 akan berakhir. Harapannya, karyawan BUMN akan kembali beraktivitas dengan nyaman dan aman

Tedi juga akan berupaya meningkatkan kapasitas jajaran direksi dan komisaris perusahaan pelat merah, memberi perhatian kepada isu-isu kesetaraan gender di BUMN, kesempatan beasiswa, program magang (internship), serta program tanggung jawab sosial BUMN yang selaras dengan SDGs.

Tedi Bharata juga menekankan pentingnya kerja sama dan dialog sehingga program transformasi yang digulirkan Kementerian BUMN dapat dijalankan dan bermanfaat optimal bagi BUMN.

Pelantikan ini dihadiri Menteri Perdagangan, Wakil Menteri BUMN I dan II, Sekretaris Kementerian BUMN, dan jajaran pejabat Eselon I Kementerian BUMN, serta dihadiri secara virtual oleh para pejabat Eselon II Kementerian BUMN dan Direksi BUMN.

Tedi mendapat kepercayaan jabatan Pimpinan Tinggi Madya (setingkat Eselon I) ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 112/TPA TAHUN 2021 tanggal 5 Agustus 2021 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Tedi Bharata telah berkarir di beberapa instansi baik di pemerintahan, BUMN, maupun swasta. Pemilik gelar S1 dari Universitas Pelita Harapan dan S2 dari Columbia University ini juga memiliki latar belakang pendidikan IT.

Advertisement
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait