Metrodata Milik Grup Ciputra Suntik Dana ke Sayurbox Rp 7,12 Miliar

Metrodata dimiliki oleh entitas Grup Ciputra yakni, PT Ciputra Corpora dengan kepemilikan saham mayoritas sebanyak 35,83%.
Image title
Oleh Lavinda
23 September 2021, 16:56
Grup Ciputra, Sayurbox, Metrodata
Google Play Store
Sayurbox

Emiten teknologi milik Grup Ciputra, PT Metrodata Electronics Tbk menggelontorkan dana US$ 500 ribu atau setara Rp 7,12 miliar (asumsi kurs Rp 14.240/US$) untuk berinvestasi di Keluwarga Asia Pte Ltd atau dikenal sebagai perusahaan startup, Sayurbox.

Metrodata dan Sayurbox menandatangani perjanjian investasi pada 20 September 2021. Di dalam perjanjian disebutkan, perusahaan akan memperoleh saham di Sayurbox dalam kurun waktu tertentu. Adapun, jumlah dan persentase saham akan didasarkan pada formula perhitungan yang diatur dalam perjanjian investasi tersebut.

"Nilai investasi (US$ 500 ribu) itu merupakan investasi pendahuluan pada tahap Bridge Round (putaran awal pendanaan) di Sayurbox," ujar Sekretaris Perusahaan Metrodata Electronics Randy Kartadinata dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9).

Menurut Randy, perjanjian investasi ini merupakan pengumpulan dana yang akan digunakan untuk membiayai kegiatan operasional Sayurbox, dan anak usahanya dalam bidang e-groceries.

Sayurbox merupakan perusahaan berbadan hukum di Singapura yang beroperasi di Indonesia sejak 2017. Startup bidang pertaninan berbasis digital ini mempunyai kepemilikan saham mayoritas di PT Kreasi Nostra Mandiri dan PT Kreasi Tani Laksmi yang menjalankan kegiatan usaha penjualan retail dan distribusi sayur, buah, daging, dan kebutuhan sehari-hari melalui media platform elektronik.

Dengan menandatangani perjanjian investasi ini, Metrodata memiliki kewajiban untuk menyetorkan dana investasi kepada Sayurbox. Sebagai imbal balik di waktu tertentu, perusahaan akan mendapat sejumlah saham dengan metode penerbitan saham baru.

"Perusahaan akan memperoleh nilai tambah dari investasi ketika terjadi peningkatan nilai perusahaan dari Sayurbox," katanya.

Menurut dia, dengan adanya investasi, perusahaan dapat mengembangkan bisnis melalui investasi di perusahaan startup yang berbasis digital. Tujuan investasi ini sejalan dengan strategi besar perusahaan untuk terlibat secara penuh dalam transformasi digital di Indonesia.

Metrodata dimiliki oleh PT Ciputra Corpora dengan kepemilikan saham mayoritas sebanyak 35,83%. Pemegang saham lainnya antara lain, DB Singapore-DCS sebesar 5,71% saham, Hiskak Secakusuma 16,51%, dan Sukarto Bujung 7,2%, dan pemegang saham lain, termasuk publik 34,65%.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait