Ditinggal Pendiri, Bagaimana Nasib Bisnis Grup Ciputra?

Agatha Olivia Victoria
28 November 2019, 16:18
ciputra
ciputra.com
Pengusaha Ciputra (tengah) meninggal dunia pada Rabu (27/11) di Singapura.

Pengusaha Ciputra tutup usia pada Rabu dini hari (27/11). Ciputra meninggalkan istri, empat anak, 10 cucu, dan kerajaan bisnis properti.

Mengutip Forbes, Ciputra menempati posisi ke-27 orang terkaya Indonesia pada tahun lalu. Total kekayaan keluarganya mencapai US$ 1,3 miliar.

Hingga akhir hayatnya, pria bernama lahir Thie Tjin Hoan ini masih tercatat sebagai Komisaris Utama PT Ciputra Development Tbk.

(Baca: Ciputra Meninggal Dunia, Berikut Daftar Penerus Bisnisnya)

Lalu bagaimana dengan nasib bisnis Ciputra Group setelah ditinggal pendiri?

Anak sulung Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan sang ayah selama ini memang selalu menjadi mentor dan pengarah untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Pak Ciputra memang mentor kami, beliau selalu menyebut dirinya creative navigator. Jadi sudah tidak aktif dengan perusahaan," ujar Rina di Jakarta, Kamis (28/11).

Usai ditinggal Sang Pendiri, menurut Rina, tak akan ada perubahan pada organisasi Ciputra Grup. Candra Ciputra tetap akan menempati posisi direktur utama Ciputra Development.

"Bisnis tidak ada perubahan apa-apa. Saat ini sudah ada generasi ketiga yang aktif dan memang keluarga ingin tetap aktif dalam bisnis," terang dia.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...