Siapkan Rp 1 T, OUE Limited Beli 17% Saham Multipolar di Harga Premium

OUE Limited dan Inti Anugerah Pratama, pemegang saham Multipolar, memiliki pemegang saham pengendali yang sama, yakni Stephen Riady dan James Tjahaja RIady.
Image title
21 Desember 2021, 07:10
Multipolar
ANTARA FOTO/ Reno Esnir/foc.
Karyawan melintas di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Perusahaan asal Singapura OUE Limited  Inc akan membeli 17,2% atau 2,52 miliar saham PT Multipolar Tbk dari PT Inti Anugerah Pratama (IAP), pemegang saham perusahaan milik Grup Lippo tersebut. 

Penjualan saham Multipolar disahkan melalui perjanjian jual beli atau sale and purchase agreement (SPA) pada 19  Desember 2021. Perusahaan menyiapkan dana mencapai S$ 95,6 juta atau sekitar Rp 1 triliun. 

OUE membeli saham Multipolar melalui anak usahanya, yakni Clifford Development Pte Ltd, dengan harga Rp 400 per saham. Ini merupakan harga premium atau 11,1% lebih tinggi dari harga penutupan per 17 Desember 2021. Berdasarkan data Stockbit pada hari itu, harga saham Multipolar ditutup di level Rp 360. 

Sekretaris Perusahaan OUE Limited Kelvin Chua mengatakan transaksi itu akan memperluas divisi konsumer OUE dalam pasar Indonesia yang semakin tumbuh.

Advertisement

"Transaksi itu akan memberikan kesempatan bagi OUE untuk berpartisipasi dalam cepatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia bersama grup GoTo," ujar Kelvin dalam proposal investasi Multipolar yang diterbitkan pada Senin (20/12). 

IAP dan OUE memiliki pemegang saham pengendali yang sama, yakni Stephen Riady dan James Tjahaja RIady. Pemilikan saham Stephen Riady di OUE dan IAP masing-masing sebesar 40%, sedangkan pemilikan James Tjahaja Riady di masing-masing perusahaan mencapai 60%. 

Dengan kata lain, transaksi yang dilakukan IAP tergolong sebagai transaksi oleh pihak terkaitNilai transaksi agregat pada pihak terkait yang sama pada tahun ini mencapai US$ 160,8 juta atau setara dengan 4,3% dari aset tak berwujud OUE per 31 Desember 2020.

IAP telah menjual 11,37% atau 1,66 miliar saham Multipolar pada periode 30 September - 5 Oktober 2021. Keluarga Riady kerap melakukan transaksi jual-beli saham Multipolar.

Sebelumnya, keluarga Riady memiliki 66,47% atau 9,73 miliar saham Multipolar. Setelah divestasi dilakukan, kepemilikannya tersisa 55,11% atau 8,06 miliar saham Multipolar. 

Di sisi lain, OUE telah membeli saham beberapa perusahaan digital di antaranya, Sociolla dan Ruangguru. Selain itu, perseroan juga membeli beberapa saham perusahaan tercatat, seperti PT Matahari Putra Prima Tbk, PT Multipolar Technology Tbk, PT First Media Tbk, dan PT Bank National Nobu Tbk. 

OUE Limited, melalui anak usahanya Auric Digital Retail Pte Ltd, juga membeli 32% saham PT Matahari Department Store Tbk, entitas retail Grup Lippo.  

Berdasarkan data Stockbit, harga saham Multipolar yang diperdagangkan dengan kode MLPL ini stabil di rentang Rp 300 - Rp 400 per saham. Secara tahun berjalan, saham MLPL naik 309 poin atau menguat Rp 380 per saham. 

Titik tertinggi saham MLPL terjadi pada 16 Juni 2021 di level Rp 775 per saham. Adapun, saham MLPL bergerak di bawah level Rp 100 per saham pada Januari-Februari 2021. 

Saat ini, rasio harga saham terhadap laba atau price to earning (PE) MLPL adalah sebanyak 37,32 kali. Ini titik tertinggi rasio PE MLPL tahun ini lantaran rasio MLPL masih berada di zona merah hingga 17 Desember 2021, bahkan pernah menyentuh titik negatif 72,11 kali pada 24 September 2021. 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait