Hari Pertama Masuk Bursa, Harga Saham Champ Resto Merosot 6,47%

Champ Resto akan menggunakan dana hasil IPO untuk membayar utang, belanja modal, dan modal kerja guna mendukung kegiatan bisnis perusahaan.
Image title
8 Februari 2022, 12:38
Champ Resto
http://www.champ-group.com/
Ilustrasi makanan yang disajikan Gokana, restoran milik PT Champ Resto Indonesia

PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), hari ini (8/2). Sampai dengan penutupan perdagangan sesi pertama, harga saham ENAK terkoreksi 6,47% atau 55 poin ke level Rp 795 dari level pembukaan Rp 895 pada percatatan perdananya.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), volume yang didagangkan tercatat 20,83 juta saham, dengan nilai transaksi Rp 17,08 miliar, dan frekuensi sebanyak 7.410 kali. Hingga penutupan perdagangan sesi pertama, kapitalisasi pasar ENAK tercatat sebesar Rp 1,72 triliun.

Perusahaan yang mengelola restoran Raa Cha, Monsier Spoon, dan Gokana ini melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) sebanyak 433 juta saham biasa atau 20% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO.

Dari 433 juta saham tersebut, sebanyak 166,6 juta merupakan saham baru dan 266,6 juta saham divestasi milik Barokah Melayu Foods Pte. Ltd. sebagai pemegang saham penjual. Adapun, harga penawaran saham perdana (IPO) sebesar Rp 850 per saham.

Advertisement

Melalui IPO ini, perseroan berpotensi untuk mengantongi dana segar maksimal Rp 368,33 miliar. Jumlah ini terdiri dari, Rp 141,66 miliar dari penawaran umum saham baru dan Rp 226,66 miliar dari penawaran umum saham divestasi.

Dana hasil penawaran umum saham baru akan digunakan untuk membayar utang, belanja modal, dan modal kerja guna mendukung kegiatan bisnis perusahaan.

Secara rinci, sekitar 28% akan digunakan untuk pembayaran sebagian utang perseroan kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk. Kemudian, sekitar 28% akan digunakan untuk melunasi utang perseroan kepada Ali Gunawan Budiman dan Barokah Melayu Foods Pte. Ltd.

Sementara itu, 9% dana akan digunakan untuk belanja modal berupa renovasi (fit out) gerai-gerai baru, namun tidak terbatas pada pengerjaan elektrikal, mekanikal, dan pengerjaan interior.

Lalu, sekitar 6% akan digunakan untuk belanja modal berupa renovasi outlet-outlet eksisting perseroan, dan 4% untuk meningkatkan dapur utama perseroan dan sarana penunjang lainnya. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja.

Sebagai informasi, Champ Resto merupakan platform makanan dan minuman yang berfokus pada segmen penyajian cepat dengan harga terjangkau atau dikenal dengan istilah fast casual dining. 

Champ Resto menyasar konsumen kelas menengah bawah sebagai target pasarnya. Sejumlah merek restoran yang dikelola antara lain, Gokana, Raa Cha, Platinum, dan BMK. Selain itu, ada pula Chopstix dan Monsieur Spoon. 

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait