GoTo Beberkan Empat Strategi untuk Raih Cuan Tahun Ini

Cahya Puteri Abdi Rabbi
10 Juni 2022, 14:17
GoTo
Dokumentasi GOTO
GoTo melepas sebanyak 46,7 miliar saham dan meraih dana IPO senilai Rp 15,8 triliun.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengungkapkan empat strategi perseroan untuk meraih keuntungan atau profitabilitas yang optimal sepanjang tahun ini. Strategi tersebut juga menjadi landasan perseroan dalam mengembangkan bisnis ke depan.

Sebagai informasi, GoTo membukukan kerugian yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 6,47 triliun pada kuartal I 2022. Kerugian tersebut meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp 1,81 triliun.

Advertisement

Direktur Utama GoTo Gojek Tokopedia Andre Soelistyo mengatakan, perseroan akan mengoptimalkan empat strategi yakni: Pertama, dengan meningkatkan penawaran silang atau cross selling antar platform. Menurut dia, strategi ini menjadi salah satu keunggulan dalam ekosistem GoTo, di mana melalui cross selling ini jumlah pengguna lintas platform meningkat 37%.

"Strategi ini memungkinkan kami untuk mendapatkan pelanggan secara lebih efisien, sementara konsumen mendapatkan kemudahan saat menggunakan ekosistem GoTo untuk memenuhi kebutuhan mereka," kata Andre dalam paparan publik perseroan, Jumat (10/6).

Strategi kedua yang diusung perseroan yakni melalui peningkatan hyperlocal pada layanan logistik dan pemenuhan atau fulfilment. Andre menyebut, strategi ini merupakan pilar kunci dari strategi bisnis perseroan karena memiliki keunggulan, di mana konsumen bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan dari lokasi terdekat dengan biaya terjangkau.

Ketiga, perseroan akan mengintegrasikan layanan teknologi finansial atau financial technology (Fintech)Ke depannya, perseroan akan terus meningkatkan penetrasi dompet digital di seluruh ekosistem GoTo, seiring dengan GoPay yang telah mendapatkan izin dompet digital dari Bank Indonesia.

"GoPay telah menjadi opsi pembayaran di Tokopedia yang melampaui ekspektasi kami. Nantinya, kami akan menerapkan sistem e-wallet di seluruh ekosistem GoTo untuk memudahkan konsumen bertransaksi," kata dia.

Terakhir, perseroan akan mengoptimalkan layanan nilai tambah atau value added, yang bertujuan untuk memberikan manfaat lebih bagi mitra pengemudi dan merchant.

Dalam menjalani strategi ini, perseroan akan meningkatkan analitika data dengan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk konsumen melalui hasil pencarian atau iklan yang bisa dipersonalisasi. Selanjutnya, GoTo akan meningkatkan layanan iklan, dan menyediakan solusi teknologi bagi mitra pedagang.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement