Pengertian, Fungsi, dan Contoh Alat Musik Melodis dari Seluruh Dunia

Dwi Latifatul Fajri
26 September 2021, 21:15
alat musik melodis
pixabay.com
alat musik melodis

Alat musik melodis merupakan alat musik yang menghasilkan nada dan irama. Pada alat musik melodis, cenderung memiliki bentuk rumit seperti tombol-tombol atau bagian yang memiliki fungsi. Kebanyakan alat musik ini membutuhkan latihan dan keterampilan untuk bisa dipelajari.

Di sisi lain, ada juga alat musik ritmis yang digunakan untuk melengkapi harmonis sebuah musik. Untuk alat musik ini, umumnya tidak mempunyai banyak nada. 

Advertisement

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan nada dan melodi pada sebuah lagu. Melodi tersusun dari beberapa nada seperti nada tinggi, rendah, pola nada, dan harga nada kemudian membentuk sebuah lagu.

Contoh alat musik melodis adalah rekorder, terompet, gitar, angklung, dan masih banyak lagi. Ada juga alat musik pianika yang cara menggunakannya dengan ditiup dan menekan bilah-bilah papan.

Cara Memainkan Alat Musik Melodis

Dari Modul Seni Budaya (Musik), disebutkan bahwa memainkan alat musik melodis dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu:

1. Dipukul

Alat musik dipukul menggunakan alat pemukul. Alat pemukul terbuat dari kayu yang dilapisi kain atau karet. Ada juga alat pemukul memakai kayu yang dihaluskan. Beberapa alat musik dapat ditepuk memakai tangan saja. Contoh alat musik tradisional Indonesia yang dipukul adalah Tifa dari Papua, Rebana dari Sumatra, Bonang, Saron, dan Kendang dari Jawa.

2. Dipetik

Alat musik melodis ini perlu dipetik dengan jari tangan dan alat bantu seperti logam atau plastik. Alat bantu ini dapat menghasilkan bunyi dari petikan alat musik. Contoh alat musik tradisional yang dipetik adalah gambus dari Riau, kecapi dari Jawa Barat, sape dari Kalimantan, sasando dari rote Nusa Tenggara Timur (NTT).

3. Digesek

Wujud alat musik melodis satu ini hampir sama dengan alat musik yang dipetik. Namun, cara menggunakannya digesek memakai dawai dari bahan yang kuat. Dawai tersebut bisa dibuat dari rambut kuda atau bahan sintetis dan stik kayu. Contoh alat musik tradisional yang digesek yaitu tehyan dari Betawi atau DKI Jakarta, rebab dari Yogyakarta, dan keso-keso dari Sulawesi.

4. Ditiup

Alat musik ini membutuhkan teknik dan latihan pernapasan. Tidak semua orang bisa menghasilkan bunyi yang baik ketika meniupkan udara pada alat musik ini. Biasanya, alat musik ini memiliki beberapa lubang kecil untuk meniup dan menghasilkan nada. Contoh alat musik ini adalah saluang dari Sumatera Barat, serangko dari Jambi, foy doa dari Flores.

5. Ditepuk

Alat musik ini membutuhkan tepukan untuk menghasilkan nada. Butuh latihan dan keterampilan untuk menghasilkan nada indah dari suara tepukan alat musik ini. Contoh alat melodi ditepuk adalah kendang, tifa, gendang, dan rebana.

6. Digoyang

Alat musik ini perlu digoyang untuk menghasilkan nada. Contoh alat musik yang digoyang adalah angklung.

7. Dihisap

Alat musik ini perlu tarikan nafas dan hembusan udara dari mulut pemainnya. Contoh alat musik ini adalah harmonika.

Fungsi Alat Musik Melodis Menurut Para Ahli

Menurut Johann Philipp Kirnberger, alat musik melodis berfungsi sebagai harmoni yang mencapai melodi indah.

Komposer asal Norwegia, Marcus Pop menjelaskan fungsi alat musik melodi dapat menggerakkan aroma indera dan ingatan. Alat musik ini dapat membawa harmoni dan ritme yang digabungkan. Selain itu, ada beberapa fungsi alat musik melodis yaitu:

  • Terapi

Beberapa alat musik melodis bisa digunakan untuk terapi kesehatan. Alat musik membantu seseorang fokus pada latihan dan penguasaan alat musik.

  • Pembelajaran

Pemakaian alat musik melodis membutuhkan waktu untuk belajar. Jadi, alat musik melodis bisa menjadi media pembelajaran di sekolah, konser, atau latihan lainnya.

  • Pengiring lagu

Beberapa lagu selain vokal suara, juga membutuhkan pengiring dari alat musik. Contoh alat musik yang digunakan untuk pengiring lagu biasanya piano, gitar, dan bass.

  • Pengiring tari

Beberapa musik melodis digunakan untuk pengiring tari. Di Indonesia, beberapa daerah memakai alat musik melodis tradisional sebagai pengiring tari. Contoh alat musik pengiring tari yaitu gong, angklung, sasando.

Contoh Alat Musik Melodis

Berikut contoh alat musik melodis dari berbagai negara, mengutip dari Gandharvaloka.com:

1. Xylophone

Xylophone adalah alat musik melodis dari Afrika. Alat musik ini juga dimainkan di Amerika Selatan dan Asia. Setiap negara memiliki tampilan dan suara berbeda.

2. Balafon

Balafon awalnya berkembang dari istana kerajaan Sikasso, Mali. Musik Balafon awalnya dari Afrika. Alat musik melodis ini menghasilkan bunyi selaras.

3. Sound Stool

Instrumen ini terdiri dari dua ukuran lebih kecil dan lebih besar. Masing-masing ukuran mampu menghasilkan 4 nada berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement