Prosa Adalah Karangan Cerita Bebas, Ini Pengertian, Ciri dan Jenisnya

Image title
24 Januari 2022, 18:31
prosa adalah
Unsplash/Gülfer ERG?N

Prosa adalah salah satu materi yang dibahas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tulisan prosa mencakup jenis karya sastra dengan penyajian cerita berbentuk narasi.

Istilah prosa sering dilekatkan pada karya sastra yang dibuat oleh seorang penulis. Namun, tidak semua karya sastra bisa digolongkan sebagai tulisan prosa.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu prosa, ciri-ciri prosa, dan tulisan yang masuk ke dalam prosa simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. Dihimpun dari sejumlah sumber berikut rangkuman tentang prosa.

Definisi Prosa

Istilah prosa adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa Inggris yaitu prose. Dalam arti sempit kata tersebut merujuk pada tulisan yang digolongkan sebagai karya sastra. Namun jika ditelaah lebih jauh lagi, kata prosa adalah suatu bentuk tulisan yang dapat mewakili karya non fiksi seperti esai, artikel, dan sebagainya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prosa adalah bentuk tulisan bebas yang tidak terikat dalam sebuah aturan layaknya puisi. Prosa tidak memiliki rima dan jumlah bait tiap paragrafnya. Singkatnya, prosa merupakan karangan yang disajikan dengan teks naratif.

Mengutip dari buku bertajuk Prosa Fiksi dan Drama, perbedaan puisi dan prosa adalah terletak pada variasi ritme yang dimilikinya. Pada prosa, karangan ini mempunyai ritme jauh lebih besar daripada puisi.

Pendapat lain menyatakan bahwa prosa adalah salah satu genre dalam karya sastra. Secara umum prosa dapat diartikan sebagai sebuah cerita rekaan yang kisahannya mempunyai aspek tokoh, alur, tema, dan pusat pengisahan yang keseluruhannya dihasilkan oleh daya imajinasi pengarang.

Masih merujuk dalam buku yang sama, berikut sejumlah pendapat para ahli tentang pengertian prosa:

Aminuddin (2002)

Menurut Aminuddin, prosa adalah kisah yang diemban oleh pemeran tertentu dengan memperlihatkan latar, tahapan dan rangkaian.

Herman J. Waluyo (1987)

Herman J. Waluyo menyatakan bahwa prosa adalah karya fiksi yang dibagi tiga menjadi roman, novel, dan cerita pendek (cerpen).

Anton M. Muliono (1997)

Muliono menyebut kalau prosa adalah suatu bentuk narasi berplot yang dihasilkan oleh daya imajinasi.

Halaman:
Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...