Kerangka dan Contoh Proposal Bisnis Makanan

Anggi Mardiana
20 September 2023, 09:00
Contoh proposal bisnis
Freepik
Ilustrasi, contoh proposal bisnis.

Contoh proposal bisnis ini bisa Anda jadikan referensi pertimbangan agar pihak investor mau menjalin kerja sama. Untuk melihat lebih jauh proposal bisnis yang dibuat harus menekankan pada perencanaan dan rancangan bisnis yang akan dijalankan.

Dalam perjalanan usaha, kita harus melaksanakan beberapa pengembangan yang bisa dicapai melalui kerjasama dengan pihak lain. Misalnya menarik investor untuk menanamkan modal agar kualitas bisnis Anda meningkat, baik dari segi penjualan produk maupun lokasi.

Analisa usaha diperlukan untuk memulai usaha, termasuk analisa kewirausahaan atau analisis SWOT agar bisa melihat gambaran tersebut. Proposal bisnis lengkap harus menjelaskan target apa yang ingin dicapai kedepannya untuk beberapa waktu kedepan.

Kerangka Proposal Bisnis

Dengan menentukan target pasar yang tepat, promosi produk atau kerajinan bisa lebih efektif serta menguntungkan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh proposal bisnis, berikut kerangkanya:

Ilustrasi Contoh Proposal Penawaran produk Makanan
Kerangka Contoh Proposal Bisnis (Freepik)

1. Bab I: Pendahuluan

Susunan kerangka proposal bisnis pertama yaitu bagian pendahuluan yang memberikan latar belakang alasan membangun bisnis. Deskripsi latar belakang merupakan bagian penting proposal bisnis yang menjelaskan soal urgensi kesepakatan. Dibalik memulai bisnis, investor akan lebih tertarik dengan ide kreatif dan orisinil.

Anda bisa menuliskan visi, misi dan tujuan secara rinci dalam bab ini. Sebab adanya kesempatan untuk bekerja di bidang yang sama dengan produk sejenis. Agar perusahaan memiliki ciri khas tersendiri, pendefinisian visi, misi dan tujuan harus sesuai identitas perusahaan merupakan hal wajib. Berikut aspek yang termasuk dalam Bab 1 kerangka proposal bisnis:

  • Latar belakang
  • Visi
  • Misi
  • Tujuan
  • Waktu pelaksanaan kegiatan

2. Bab II: Tujuan Umum

Kerangka berikutnya ada tinjauan umum yang menggambarkan deskripsi dan strategi pemasaran bisnis. Strategi pemasaran bisnis tidak hanya untuk menghasilkan pendapatan tetapi mencerminkan cara pemilik bisnis mempresentasikan perusahaannya kepada publik.

Dalam Bab 2 proposal bisnis, analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) merupakan kunci penting. Aspek kerangka proposal bisnis bab 2 yaitu sebagai berikut:

  • Profil usaha.
  • Struktur kepemilikan dan kepegawaian usaha.
  • Lokasi usaha.
  • Strategi pemasaran.
  • Analisis SWOT.

3. Bab III: Manajemen Operasional Kegiatan

Dalam bab ini membahas soal bagaimana Anda menjalankan bisnis dan produk yang dijual. Anda juga perlu menjelaskan bagaimana bisnis yang dilakukan. Tujuan bab 3 ialah membantu pembaca memahami bagaimana bisnis beroperasi sehari-hari dan deskripsi produk yang dijual, baik berupa barang maupun jasa. Berikut aspek kerangka proposal bisnis bab 3:

  • Peralatan
  • Bahan pembuatan produksi
  • Proses produksi
  • Sistem kegiatan operasional

4. Bab IV: Rancangan Biaya dan Pendapatan

Secara umum bab 4 berisi rincian modal, biaya operasi dan pendapatan bisnis. Anda perlu menuliskan secara detail seluruh biaya yang digunakan dalam bisnis. Apabila mencari pendanaan investasi saat mengajukan proposal, bagian ini paling penting. Cobalah menggambarkan situasi keuangan perusahaan dengan keadaan sebenarnya. Berikut aspek kerangka Bab 5 dalam contoh proposal bisnis:

  • Perhitungan harga jual.
  • Modal dan pemasukan.
  • Perhitungan laba rugi usaha.

5. Bab V : Penutup

Kerangka terakhir proposal bisnis merangkum semua esensi dan penjelasan sebelumnya. Banyak pengusaha yang hanya menuliskan alasan perusahaan didirikan itu penting. Kalimat di akhir lamaran biasanya merupakan senjata pengusaha untuk menyampaikan citra baik perusahaan. Aspek kerangka proposal bisnis memuat kesimpulan.

Contoh Proposal Bisnis Makanan untuk Menjalin Kerja Sama

Sebagai referensi, berikut contoh proposal bisnis:

Ilustrasi, proposal usaha.
Ilustrasi, proposal bisnis. (Freepik)

Proposal Bisnis Makanan Ringan Ubicake
BAB 1
Pendahuluan

A. Latar Belakang

Jumlah pengangguran terus meningkat setiap tahunnya karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada. Kondisi ini bisa terjadi jika dibiarkan terus-menerus. Bukan tidak mungkin bisa menimbulkan krisis ekonomi berkepanjangan.

Belum lagi ditambah minimnya kesadaran masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja sendiri. Padahal untuk bisa mengangkat perekonomian masyarakat memerlukan lapangan kerja. Salah satu mengurangi pengangguran ialah dengan berwirausaha.

Dalam berwirausaha tentunya ada banyak pilihan yang bisa dilakukan seperti mengolah bahan mentah menjadi produk makanan jadi atau setengah jadi agar memiliki nilai jual lebih tinggi. Karena itu, kami bermaksud menciptakan produk makanan “Ubicake”.

Kue ini terbuat dari bahan ubi yang diperoleh masyarakat. Namun masih banyak yang belum mengolahnya menjadi kudapan menarik dan memiliki nilai jual. Jika bisnis ini berkembang, kami harap bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas.

B. Visi dan Misi

Visi

Menjadikan makanan tradisional sebagai makanan yang memiliki nilai jual tinggi dan banyak diminati oleh masyarakat.

Misi
  1. Melakukan inovasi produk tradisional.
  2. Meningkatkan kualitas makanan tradisional.
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan agar konsumen puas.

C. Tujuan Mengembangkan Usaha Ubicaake

  1. Melestarikan jajanan makanan khas Indonesia.
  2. Menarik minat konsumen agar merasakan produk yang dibuat oleh penulis serta bisa mencapai penjualan sesuai target.
  3. Upaya membuka lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar.
  4. Memperoleh keuntungan usaha.

D. Maksud Kegiatan dan Usaha

Setiap usaha memiliki maksud tersendiri seperti keinginan untuk menyalurkan ilmu yang dimiliki dalam bidang kuliner. Selain itu, untuk menambah wawasan dan pengalaman di dunia usaha.

Harapan kami agar makanan tradisional tidak kalah dengan makanan modern dengan terus melakukan inovasi terhadap makanan tradisional khas daerah. Bentuk inovasi yang dilakukan yaitu mengubah dari segi rasa, tampilan dan kualitasnya.

Bab II
Pembahasan

A. Profil

Kami memberikan brand bidang usaha bernama Ubicake karena berbahan dasar ubi. Kami memiliki harapan dan keyakinan untuk mengembangkan olahan berbahan dasar ubi ini menjadi makanan menarik tanpa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Ubi memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Kandungan nutrisi tersebut di antaranya vitamin A, C, E, magnesium, beta karoten, kalium dan antioksidan.

B. Strategi Pasar

Agar rencana membangun usaha jajanan tradisional Ubicake bisa berjalan lancar maka perlu dilakukan beberapa strategi pasar berikut:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement