Mempelajari Tujuan, Cara Membuat, dan Contoh Abstrak Makalah

Siti Nur Aeni
24 Oktober 2023, 18:45
Mempelajari Tujuan, Cara Membuat, dan Contoh Abstrak Makalah
Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi, seseorang sedang membuat abstrak makalah

Abstrak adalah bagian penting dalam sebuah karya tulis ilmiah, karena abstrak memberikan gambaran singkat tentang isi dan tujuan dari karya tersebut. Abstrak juga bisa menjadi pertimbangan bagi pembaca untuk melanjutkan membaca karya ilmiah atau tidak.

Oleh karena itu, penulisan abstrak harus dilakukan dengan baik dan benar. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang abstrak dari tujuan hingga contoh abstrak makalah. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tujuan Abstrak dalam Karya Tulis Ilmiah

Abstrak merupakan komponen penting dalam sebuah karya tulis ilmiah. Mengutip dari penerbitbukudeepublish.com, bagian ini berisi rangkuman dari penelitian atau pembahasan dalam karya tulis tersebut.

Abstrak bisa memberikan gambaran kepada pembaca terkait isi karya tulis tersebu secara ringkas. Abstrak harus ditulis secara akurat, mudah dipahami, jelas, dan padat. Jumlah katanya hanya sekitar 250-300 kata saja.

Penulisan abstrak dalam sebuah karya tulis ilmiah ternyata memiliki tujuan tersendiri. Berdasarkan keterangan di writing.wisc.edu, berikut beberapa tujuan abstrak yang perlu diketahui:

  1. Memudahkan pembaca dalam memahami inti atau esensi dari karya tulis tersebut dalam waktu yang singkat. Abstrak juga bisa menjadi pertimbangan bagi pembaca untuk meneruskan membaca karya ilmiah atau tidak. Terlebih jika pembaca tengah menjadi beragam referensi, maka membaca abstrak menjadi cara tercepat untuk mendapatkan referensi yang paling tepat.
  2. Menjadi pedoman pembaca dalam membaca sebuah karya tulis ilmiah. Pembaca bisa mendapatkan rincian informasi, analisi, dan argumen penulis.
  3. Membantu pembaca dalam mengingat poin penting dalam sebuah karya ilmiah.

Cara Membuat Abstrak

Dalam membuat abstrak sebetulnya tidak sulit, namun ada beberapa hal yang perlu ditulis dalam abstrak. Mengutip dari penerbitbukudeepublish.com, berikut ini beberapa tahapan dalam membuat abstrak dan hal-hal penting yang harus ada didalamnya.

1. Menuliskan Latar Belakang

Hal pertama yang harus ada dalam abstrak yaitu latar belakang penelitian atau makalah. Bagian ini penting untuk dituliskan, agar pembaca bisa memahami garis besar dari topik yang diangkat dalam karya ilmiah tersebut. Latar belakang di abstrak merupakan rangkuman dari sub bab latar belakang yang ada dalam makalah tersebut.

2. Menerangkan Metode Penelitian

Setelah memaparkan latar belakang masalah, Anda juga perlu menjelaskan metode penelitian yang digunakan. Metode penelitian yang dimaksud bisa berupa eksperimental atau studi pustaka. Anda juga bisa menambahkan metode analisis data yang Anda gunakan dalam karya tulis tersebut.

3. Memaparkan Hasil Penelitian

Di bagian ini, penulis perlu menjelaskan secara ringkas hasil penelitiannya. Anda bisa menambahkan data berupa angka atau penjelasan deksriptif terkait hasil penelitian.

4. Tulis Kesimpulan

Di bagian akhir abstrak, jangan lupa untuk menuliskan kesimpulan penelitian atau makalah secara ringkas. Dengan demikian pembaca bisa memahami informasi dari karya tulis tersebut secara utuh.

5. Tambahkan Kata Kunci

Kata kunci biasanya diambil dari topik yang diangkat dalam makalah tersebut. Namun, kata kunci juga bisa berasal dari poin-poin yang ada dalam judul makalah.

Contoh Abstrak Makalah

Untuk lebih memahami teori yang telah disampikan sebelumnya, berikut ini kami paparkan contoh abstrak dalam karya tulis ilmiah yang dikutip dari repository.unsoed.ac.id.

APLIKASI JAMUR PATOGEN GULMA PADA GULMA DAUN LEBAR DI LAPANGAN TERBATAS

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...