Mengenal Ciri Ciri Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Destiara Anggita Putri
17 Januari 2023, 14:54
Ciri Ciri Sel Prokariotik
Pixabay
Ilustrasi, sel prokariotik

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Itu berarti, sel dapat mengatur semua fungsi kehidupan yang berlangsung di dalam sel.

Berdasarkan karakteristiknya, struktur sel terbagi menjadi dua kelompok utama, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.  Sel prokariotik sendiri merupakan sel yang tidak memiliki selaput inti atau membran nukleus.

Tentunya tipe sel ini memiliki cirii-ciri yang membedakannya dengan sel eukariotik. Untuk informasi lebih lengkap, berikut ini pembahasan mengenai ciri ciri sel prokariotik.

Sel Prokariotik Adalah
Ciri Ciri Sel Prokariotik  (Pixabay)

Pengertian Sel Prokariotik 

Sebelum mempelajari ciri ciri dari sel prokariotik, penting untuk mengetahui definisi tipe sel ini secara lebih lengkap. Dikutip dari situs Rumah Belajar Kemendikbud, sel prokariotik berasal dari bahasa Yunani prokaryote dimana pro berarti sebelum dan krayon berarti inti.

Dengan demikian, sel prokariotik dapat diartikan sebagai sel yang tidak memiliki membran sebelum sel inti sehingga sel inti berada di dalam protoplasma. Secara struktural, sel prokariotik sangat sederhana dan umumnya hanya ditemukan pada organisme bersel satu, yaitu bakteri dan arkea.

Secara umum, struktur sel prokariotik yaitu DNA, sitoplasma, serta struktur permukaan yang meliputi membran plasma dan komponen dinding sel, kapsul, dan lapisan lendir. 

Ciri Ciri Sel Prokariotik 

Dikutip dari Mikrobiologi Keperawatan Gigi oleh Megananda Hiranya Putri (2012:20-21), berikut ini ciri ciri sel prokariotik

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...