Menilik Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Destiara Anggita Putri
17 Januari 2023, 15:24
Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik
Freepik
Ilustrasi, sel.

Sel merupakan unit terkecil penyusun mahluk hidup.  Sel berfungsi untuk mengatur semua fungsi kehidupan dan berlangsung di dalam sel. 

Berdasarkan karakteristiknya, struktur sel terbagi menjadi dua tipe yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti atau membran nukleus. Sementara sel eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti sehingga materi genetiknya dapat terbungkus selaput atau tidak tersebar. 

Secara kimiawi, kedua tipe sel tersebut tersusun atas senyawa yang sama yaitu asam nukleat, protein, lipid, dan karbohidrat. Selain persamaan tersebut, kedua tipe sel ini juga memiliki perbedaan berdasarkan berbagai aspek. Lantas, apa saja perbedaannya? Berikut ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Tipe Sel

Sel dibagi menjadi dua tipe yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Setiap jenisnya memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ini informasinya

Sel Prokariotik Adalah
Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik  (Culturico.com)

1. Sel Prokariotik

Dikutip dari situs Rumah Belajar Kemendikbud, sel prokariotik berasal dari bahasa Yunani prokaryote dimana pro berarti sebelum dan krayon berarti inti.

Dengan demikian, sel prokariotik dapat diartikan sebagai sel yang tidak memiliki membran sebelum sel inti sehingga sel inti berada di dalam protoplasma

Secara struktural, sel prokariotik sangat sederhana dan umumnya hanya ditemukan pada organisme bersel satu, yaitu bakteri dan arkea.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...