Mengenal Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Ghina Aulia
10 Februari 2023, 13:05
Perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik.
Science/How Stuff Works
Ilustrasi, sel prokariotik dan eukariotik.

Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. Diketahui bahwa sel ini terikat membran yang berisi molekul dasar. Sel-sel bekerja sama dengan sel-sel khusus yang tersusun menjadi blok atau bangunan, yang terdiri dari organisme multiseluler besar.

Biasanya hal tersebut terdapat pada tubuh manusia dan hewan. Sel kemudian terbagi ke dalam dua jenis yang dibedakan berdasarkan keberadaan membran inti atau nukleus yang dikenal denngan sel prokariotik dan sel eukariotik.

Terkait dengan hal tersebut, kali ini kami akan membahas lebih lanjut tentang perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik.

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

PERBEDAAN SEL PROKARIOTIK DAN SEL EUKARIOTIK
PERBEDAAN SEL PROKARIOTIK DAN SEL EUKARIOTIK (Unsplash)

1. Membran sel

Perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik yang paling mendasar adalah ada atau tidaknya membran ini.
Diketahui bahwa sel prokariotik tidak memiliki inti sel. Sementara itu, eukariotik memilikinya lantaran terdapat inti membran.

2. Ukuran sel

Sel prokariotik memiliki ukuran sekitar 1-10 mikron. Sedangkan eukariotik berkisar pada angka 10-100 mikron.

3. Kloroplas

Mengutip dari Britannica, kloroplas adalah organel di dalam sel-sel tanaman dan ganggang akan menjadi tempat fotosintesis. Patut diketahui bahwa kloroplas hanya terdapat pada sel prokariotik di tumbuhan.

4. Glikokaliks

Bentuk glikokaliks pada sel prokariotik menyerupai kapsul. Di lain sisi, glikokaliks sel eukariotik tidak memiliki dinding sel. Diketahui bahwa glikokaliks merupakan mantel atau pelindung.

5. Ribosom

Ukuran ribosom pada sel prokariotik relatif lebih kecil dibanding sel eukariotik.

6. Sel membran

Sel prokariotik pada sel membran tidak terdapat kandungan karbohidrat serta kurangnya steroid. Kebalikannya, sel eukariotik memiliki steroid dan karbohidrat yang cenderung lebih banyak dan berperan sebagai reseptor.

7. Sitoplasma

Mengutip dari Genome, sitoplasma adalah cairan mirip agar-agar yang mengisi bagian dalam sel. Diketahui bahwa sitoplasma terdiri atas dari air, garam, dan berbagai molekul organik. Pada sitoplasma sel eukariotik, terdapat aliran sitoplasma dan sitoskeleton. Sedangkan sel prokariotik tidak memilikinya.

8. Susunan kromosom

Kromosom merupakan bagian yang berbentuk seperti benang dari sel yang membawa informasi berbentuk gen. Dalam hal ini, sel prokariotik memiliki kromosom sirkuler dan tidak terdapat kandungan histon. Sementara itu, sel eukariotik berbentuk multiple linear dengan histon di dalamnya.

9. Organel

Organel merupakan salah satu struktur pembentuk sel yang memiliki berbagai fungsi. Organel yang terbalut membran hanya sel eukariotik.

10. Pembelahan sel

Bersifat uniseluler, sel prokariotik mampu berkembang biak dengan membelah diri. Sementara itu, sel eukariotik dengan cara mitosis, yaitu pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak masing-masing memiliki jumlah dan jenis kromosom yang sama dengan induk inti.

11. Operon

Operon merupakan sistem pengaturan genetik yang ditemukan pada bakteri dan virus. Perlu diketahui bahwa fungsi operon hanya terjadi pada organisme dengan sel prokariotik saja.

Halaman:
Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...