Cara Kerja Rem Tromol Motor dan Mobil Beserta Komponennya

Anggi Mardiana
28 Januari 2023, 12:00
Cara Kerja Rem Tromol
Fastnlow.net
Ilustrasi, tampilan rem pada mobil.

Cara kerja rem tromol melalui sepasang brake shoes (sepatu rem). Berdasarkan cara kerjanya, beberapa tipe sepeda motor menggunakan dua jenis rem untuk roda depan dan belakang yaitu sistem tromol dan cakram.

Dalam otomotif, rem merupakan komponen yang terdapat pada sepeda motor untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda. Dengan adanya rem, laju kendaraan bisa diturunkan dan dihentikan. Umumnya setiap sepeda motor memiliki rem depan dan belakang.

Komponen Rem Tromol

Komponen Rem Tromol
Komponen Rem Tromol (Teknik-otomotif.com)

Melansir dari Astra-honda.com, rem tromol memiliki beberapa komponen berikut:

1. Brake Drum

Bare drum merupakan komponen rem tromol yang terbuat dari baja tuang, bentuknya menyerupai tabung. Brake drum memiliki fungsi sebagai media gesek kempas rem saat terjadi pengereman. Umumnya banyak digunakan oleh berbagai tipe kendaraan mobil Toyota.

2. Brake Lining

Brake lining merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai media bergeseknya tromol rem. Komponen ini terbuat dari campuran bahan yang memiliki fungsi sebagai penahan gesekan antara dua buah plate.

3. Brake Shoe

Brake shoe adalah sepatu rem atau tempat kampas yang memiliki bentuk persegi panjang dan sedikit melengkung. Umumnya brake shoe jadi satu dengan kampasnya sehingga saat kampas menipis harus berganti. Pergantian harus dilakukan berikut brake shoenya.

4. Brake Cam Lever

Ketika tuas rem ditekan, brake cam lever akan menggerakkan sepatu rem sehingga tromol ikut tertekan. Tuas rem ini bekerja melalui brake cam di mana bagian ujungnya saling terhubung satu sama lain.

5. Brake Cam

Komponen brake cam memiliki fungsi sebagai penekan sepatu rem saat tuas penggerak bekerja. Brake cam berada pada bagian ujung brake cam lever. Dengan kata lain, brake cam berfungsi sebagai penghubung antara tuas rem yang ditekan oleh pengemudi dan rem yang berinteraksi dengan tromol.

6. Return Spiring

Return spiring bekerja dengan mengembalikan posisi brake shoe setelah pengereman terjadi. Posisi return spring berada di antara kedua sepatu rem dalam sistem rem tromol. Ketika pengereman selesai, pegas akan menarikan sepatu rem agar kembali ke posisinya sehingga kampas dan drum tidak lagi bergesekan.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...