Mengenal 5 Negara Asia Tengah, dari Kazakhstan hingga Turkmenistan

Annisa Fianni Sisma
27 Februari 2023, 14:12
Negara Asia Tengah
britannica
Ilustrasi, peta negara-negara di Asia Tengah.

Negara Asia Tengah merupakan negara-negara yang berada di benua Asia bagian tengah. Terdapat 5 (lima) negara di dalamnya yang cukup mudah dipahami. Untuk lebih mudah mengingatnya, kelima negara itu berakhiran -stan.

Wilayah Asia tengah membentang dari perbatasan Cina barat di sebelah Timur hingga Laut Kasasia di bagian barat. Pada bagian utara, Asia Tengah berbatasan dengan Rusia dan di selatan oleh Iran, Afghanistan dan China.

Negara Asia Tengah terdiri dari bekas Republik Soviet Kazakhstan, Tajikistan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, dan Turkmenistan. Untuk memahami lebih lanjut, simak sederet ulasan di bawah ini.

Lima Negara Asia Tengah

Asia Tengah memiliki ciri khusus dari segi geografi, iklim, sejarah, dan lain sebagainya. Berikut ini lima negara Asia Tengah dan penjelasannya masing-masing.

1. Kazakhstan

Negara Asia Tengah
Negara Asia Tengah (britannica)
 

Kazakhstan adalah salah satu negara Asia Tengah yang dieja Kazakstan. Nama resminya adalah Republik Kazakhstan, Kazakh Wazaqstan Respublikasi.

Negara Kazakhstan berbatasan dengan Rusia di barat laut dan utara, di timur Cina, di Selatan oleh Laut Aral, Uzbekistan, Kirgistan, Turkmenistan. Kemudian Laut Kaspia membatasinya di bagian barat daya.

Kazakhstan menjadi negara paling besar di Asia tengah dan terbesar ke-9 di dunia. Ukuran Kazakhstan sekitar 1.820 mil atau 2.930 kilometer dari timur ke barat dan 960 mil dari utara ke selatan.

Ibu kota Kazakhstan adalah Astana, meski sebelumnya adalah Nur-Sultan, Aqmola, Tselinograd. Kazakhstan sebelumnya adalah republik serikat Uni Soviet, kemudian Kazakhstan mendeklarasikan kemerdekaannya pada 16 Desember 1991.

Berkaitan dengan penduduknya, Kazakhstan dipenuhi oleh orang Kazakh, Rusia, Uzbek, Ukraina, Uigur, Tatar, Jerman, dan lain-lain. Bahasa yang digunakan yakni bahasa Turki, Bahasa Rusia. Bahasa yang paling banyak digunakan adalah bahasa Rusia.

2. Tajikistan

Tajikistan adalah negara Asia Tengah yang dikenal secara resmi Republik Tajikistan, tajik Tojikiston atau Jumhurii Tojikiston. Tajikistan dieja Tadzhikistan.

Tajikistan menjadi negara yang terletak di jantung Asia Tengah dan berbatasan dengan Kirgistan di utara, di timur ada Cina, Afghanistan di bagian selatan, di barat dan barat laut yakni Uzbekistan.

Ibu kota Tajikistan adalah Horugh atau Khorog. Banyak gunung yang terletak di Tajikistan.  Iklim di Tajikistan cenderung berubah, terkadang iklimnya hangat di daerah lembah, tetapi saat di musim panas yakni panas dan kering.

Penduduk Tajikistan didominasi oleh kelompok Tajik, kemudian Uzbek, Kyrgyz, Russia, dan lain sebagainya. Bahasan yang digunakan yakni bahasa Tajik. Sebagian besar orang Tajikistan beragama muslim dari aliran Sunni Hanafi.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...