Menilik 7 Bacaan Dzikir setelah Sholat dan Terjemahannya

Annisa Fianni Sisma
27 Maret 2023, 12:32
Dzikir Setelah Sholat
Pexels
Ilustrasi, Dzikir setelah Sholat.

Berdzikir merupakan aktivitas mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berdzikir dapat dilakukan setelah sholat. Berkaitan dengan itu, menarik membahas bacaan dzikir setelah sholat.

Dzikir setelah sholat merupakan amalan yang luar biasa dan memiliki keutamaan. Hendaknya setelah sholat luangkan waktu beberapa saat untuk melafalkan bacaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Advertisement

Bacaan-bacaan doa untuk dzikir setelah sholat juga tidak sulit dihafalkan. Untuk memahami lafal dan terjemahannya, simak penjelasan di bawah ini.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Dzikir Setelah Sholat
Dzikir Setelah Sholat (Pexels)
 

Bacaan dzikir setelah sholat dapat berupa memohon ampunan, perlindungan, dan mengagungkan Allah SWT. Berikut lafal dan terjemahan dzikir tersebut.

1. Bacaan Dzikir Setelah Sholat Berupa Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

Artinya: “Aku minta ampun kepada Allah,” (Dibaca 3x).

Kemudian membaca, “Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan” (HR. Muslim no. 591).

2. Bacaan Dzikir Setelah Sholat untuk Memohon Perlindungan

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Artinya: “Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan” (HR. Bukhari no.6615, Muslim no.593).

Dzikir Setelah Sholat
Dzikir Setelah Sholat (Pexels)
 

3. Bacaan Dzikir Setelah Sholat untuk Mengagungkan Allah SWT


لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

Artinya: “Tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujaan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepadaNya. Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama benci” (HR. Muslim, no. 594).

4. Bacaan Dzikir Setelah Sholat untuk Mengagungkan Allah SWT


سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement