Doa Sholat Tahajud dan Dzikir, Keutamaan serta Manfaatnya

Anggi Mardiana
26 Maret 2024, 13:55
Doa Sholat Tahajud dan Dzikir
Unsplash
Ilustrasi, Sholat Tahajud.
Button AI Summarize

Doa sholat tahajud dan dzikir merupakan amalan yang paling disukai oleh Rasulullah SAW untuk mengingat Allah SWT sepanjang waktu. Rasulullah SAW mengingatkan umatnya untuk terus berusaha dan senantiasa berdzikir kepada Allah SWT.

Dzikir menurut tuntunan syariat Islam yaitu menyebut nama dan mengingat Allah SWT dalam setiap keadaan. Tujuan dzikir yaitu menjalin ikatan batin antara hamba dengan sang pencipta sehingga timbul jiwa muqorobah (merasa dekat dan diawasi oleh Allah) serta timbul rasa cinta hormat.

Dzikir bisa menghidupkan iman seseorang sehingga jadi hidup dan terjalin rasa kedekatan dengan Allah. Dzikir juga bisa dilakukan kapan pun, salah satunya melalui sholat fardu dan sunah. Tahajud jadi salah satu sholat sunah yang memiliki banyak keutamaan.

Bacaan Doa Sholat Tahajud

Membaca doa setelah sholat sunnah termasuk tahajud adalah anjuran. Doa ini menjadi pelengkap ibadah dan harapan agar Allah SWT menerima dan mengabulkan permohonan kita. Berikut bacaan doa setelah sholat tahajud lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqâ'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ'atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a'lantu, wa mâ anta a'lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya, "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. KepadaMu aku pasrah. Hanya kepadaMu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya padaMu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Bacaan Dzikir Sholat Tahajud

Dzikir termasuk kunci latihan untuk mengenal diri kepada Allah SWT sehingga jika seseorang semakin mengenal Allah maka akan semakin kuat juga kecintaannya dan keimanannya kepada Allah SWT.

Tujuan dzikir pertama yaitu untuk menghasilkan ketenangan batin, memberi semangat agar selalu berkarya (amal saleh), mendapatkan kemantapan jiwa, menimbulkan ketenangan dan semangat. Berikut bacaan dzikir setelah sholat tahajud yang bisa Anda baca setidaknya 100 kali:

  • Membaca tasbih “Subhanallah” (سبحان الله) yang artinya “maha suci Allah
  • Membaca tahmid “Alhamdulillah” (الحمد لله) yang artinya “segala puji bagi Allah
  • Membaca kalimat takbir “Allahu Akbar” (الله أكبر) yang artinya “Allah maha besar
  • Membaca kalimat istighfar pendek “Astaghfirullah” yang artinya “aku mohon ampun kepada Allah
  • Membaca kalimat istighfar panjang “Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih” yang artinya “aku memohon ampun kepada Allah yang maha Agung, tiada Tuhan selain Dia yang maha hidup dan maha berdiri sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Seseorang yang dzikir juga akan merasakan sejumlah manfaat seperti merasakan ketenangan batin dan manfaat lainnya, berikut beberapa manfaat lainnya:

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...