Mengenal Apa Itu SEM dan Manfaatnya Dalam Pemasaran
Search Engine Marketing atau SEM menjadi bagian penting dalam bidang periklanan digital seperti Google Ads. SEM biasanya digunakan dalam semua tindakan pemasaran search engine.
Pada dasarnya SEM digunakan untuk mengoptimasi website agar berada di peringkat teratas pada halaman mesin pencari google.
Mengenal Apa Itu SEM
Lalu apa itu SEM dan bagaimana menggunakannya? SEM adalah pemasaran menggunakan iklan berbayar untuk memastikan bahwa situs informasi perusahaan ada di halaman mesin pencari. Umumnya, situs tersebut berisi produk atau layanan yang ditawarkan para penjual.
SEM menjadi salah satu strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas online sebuah situs web pada halaman mesin pencari. Sementara dikutip dari laman gramedia,com, SEM didefinisikan sebagai metode promosi dan periklanan yang dilakukan untuk membantu pemeringkatan konten pada mesin pencari.
Biasanya, SEM berbentuk iklan penelusuran yang terletak di atas hasil penelusuran organik (tidak berbayar) atau SEO. Dapat disimpulkan, SEM adalah pemasaran menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs dalam laman resmi mesin pencari.
Cara kerja SEM adalah dengan menggunakan algoritma pencarian yang rumit. Hal ini berfungsi untuk mendapatkan hasil yang relevan pada mesin pencari.
Manfaat Menggunakan SEM
Dalam strategi pemasaran digital memerlukan SEM agar dapat menarik pengguna ke situs yang diinginkan. Dalam hal ini, SEM sangatlah efektif untuk menarik perhatian pengguna dan menghasilkan klik dengan kemungkinan filter berdasarkan kata-kata yang mereka cari.
Dengan demikian, dipastikan bahwa traffic kita terdiri atas orang-orang yang memang punya potensi tertarik dengan produk yang ditawarkan. SEM juga dapat membuat pengguna internet mengenal produk yang dijajakan.
SEM menghasilkan hasil yang cepat dengan menargetkan audiens yang sudah tertarik dengan produk, informasi, atau layanan yang ditawarkan bisnis kamu.
Hal ini menciptakan keunggulan bersaing untuk usaha kecil yang dihadapkan dengan perusahaan yang lebih besar. Selain itu biaya SEM mudah dikontrol sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran dan bebas dari kerangka waktu apapun.
SEM pun menjadi salah satu strategi pemasaran yang fleksibel dan terjangkau bagi pemilik bisnis ukuran apapun. Sekitar 74% pengguna internet melakukan pencarian lokal, dan 61% pencarian lokal menghasilkan pembelian, upaya SEM jelas menguntungkan untuk mendapatkan pelanggan.
Contoh Penggunaan SEM
Berikut ini merupakan beberapa contoh penggunaan SEM oleh pengguna internet di Indonesia:
Google
Google menjadi salah satu yang dapat dimanfaatkan untuk SEM. Siapa yang tidak mengenal mesin pencari Google? Media tersebut bisa dibilang sebagai media search engine terbesar yang paling populer.
Search engine yang diberikan oleh Google menjadi yang paling relevan dibandingkan dengan mesin pencari yang lainnya. Inilah yang membuat Google lebih dipercaya oleh sebagian besar pengguna internet di dunia.
Bing
Bing merupakan salah satu contoh Search Engine yang dapat dijadikan sebagai alternatif Google. Bing menjadi produk yang diluncurkan oleh Microsoft sebagai pengganti Google untuk pengembangan SEM.
Ada banyak sekali kelebihan yang diberikan Bing. Antara lain interface yang dapat diubah sendiri oleh pengguna, memiliki fitur reading mode, memiliki potensi pasar yang sangat bagus dan lain sebagainya.
Baidu
Baidu merupakan SE dari China yang produk dan langganannya hampir menyerupai Google. Di negara asalnya, Baidu merupakan search engine yang cukup populer dan banyak digunakan.
Namun di Indonesia sendiri kepopuleran Baidu masih cukup rendah. Baidu menyediakan fasilitas pencarian seperti video, website, gambar dan lain sebagainya dalam bahasa Mandarin.
DuckDuckGo
DuckDuckGo juga merupakan media yang sering digunakan untuk SEM. DuckDuckGo memiliki banyak sekali kelebihan seperti diantaranya memiliki interface yang baik, tidak memiliki banyak iklan, serta tidak dapat melacak identitas penggunaannya.
Keuntungan Menggunakan SEM
Manfaat Search Engine Marketing sangat banyak. Meskipun sekilas SEO lebih menguntungkan karena tidak berbayar. Namun penggunaan SEM untuk meningkatkan traffic website juga perlu dipertimbangkan lho.
Apa guna Search Engine Marketing? Mari bahas ulasan di bawah ini:
Tidak Membutuhkan Banyak Biaya untuk Memulai
Meskipun harus mengeluarkan biaya di awal, namun biayanya juga tergolong tidak terlalu banyak. Anda dapat menentukan sendiri seberapa besar biaya yang ingin dikeluarkan untuk SEM. Jadi, bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda pada saat itu.
Menentukan Target Audiens
Dengan SEM, Anda dapat menentukan target audiens dengan lebih spesifik. Anda dapat menentukan karakteristik pengguna yang dapat melihat iklan tersebut.
Mulai dari batasan usia, jenis kelamin, ketertarikan, atau bahkan lokasi. Beragam kriteria tersebut dapat ditentukan sendiri jika menggunakan SEM.
Meningkatkan Conversion
Search Engine Marketing dapat digunakan untuk meningkatkan rate conversion website. Jadi Anda dapat memanfaatkannya untuk keyword dengan search intent pembelian.
Hasil Lebih Cepat dari SEO
Menggunakan SEM juga dapat memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan menggunakan metode SEO. Apabila Anda pemula dalam dunia website atau blog, maka menggunakan SEM lebih disarankan karena akan memberikan hasil yang relatif lebih cepat.
Dengan demikian, maka web Anda juga dapat lebih cepat terdeteksi oleh mesin pencarian dibandingkan dengan menggunakan cara-cara organik.