Memahami Apa Itu Social Media Marketing dan Ragam Manfaatnya
Sosial media tidak hanya dapat digunakan untuk mendapatkan informasi atau hiburan saja. Saat ini, sosial media juga dapat digunakan sebagai strategi marketing dalam berbisnis.
Kemajuan teknologi dan banyaknya orang yang menggunakan sosial menjadikan platform ini memiliki nilai lebih. Sosial media dapat menjangkau para penggunanya untuk menjadi target pasar.
Memanfaatkan sosial media untuk strategi marketing dalam berbisnis disebut sebagai social media marketing. Seperti namanya, social media marketing bertujuan untuk mempromosikan produk maupun jasa melalui sosial media atau layanan digital.
Apa Itu Social Media Marketing?
Dikutip dari laman Gramedia.com, social media marketing atau SMM adalah pemasaran media sosial atau pemasaran digital yang menggunakan platform sosial media. Namun, tidak hanya menggunakan sosial media saja, teknik marketing ini juga menggunakan website.
Tujuannya tentu untuk mempromosikan barang maupun jasa kepada khalayak atau target pasar yang ada di sosial media. Social media marketing melibatkan aktivitas seperti membangun jejaring sosial, menyebarkan dan mengenalkan merek dagang, mencari pelanggan melalui konten dan masih banyak lagi.
Sosial media marketing cukup menguntungkan untuk perusahaan. Sebab, melalui jejaring media sosial penyedia produk atau jasa dapat berinteraksi dengan pelanggan maupun target pasar.
Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan, mengumumkan produk atau layanan baru, mendapatkan umpan balik dan rekomendasi. Bahkan perusahaan dapat membangun branding demi mencapai tujuan.
Tujuan Social Media Marketing
Tidak hanya sekedar mencapai tujuan perusahaan, social media marketing juga memiliki beberapa tujuan. Berikut tujuan social media marketing:
Meningkatkan Penjualan
Tujuan utama social media marketing tentunya untuk meningkatkan penjualan. Sebagai pelaku bisnis, tentunya tujuan dari berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online atau offline adalah untuk mendapatkan penjualan.
Setelah melakukan penjualan, maka bisnis Anda akan memperoleh keuntungan. Hasil dari keuntungan tersebut akan membantu pengembangan bisnis.
Dengan besarnya potensi media sosial saat ini, pastinya peluang untuk meningkatkan penjualan pun semakin besar. Anda juga harus ingat bahwa penerapan social media marketing tidak berarti harus berhubungan dengan proses transaksi atau jual beli saja.
Anda bisa menggunakan media sosial untuk mengukur banyaknya leads dan users yang bisa dijangkau.
Membangun Minat Masyarakat dan Meningkatkan Kesadaran Merek
Tujuan social media marketing selanjutnya adalah membangun dan menarik minat konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu jual. Tujuan berikutnya adalah meningkatkan kesadaran merek terhadap bisnis Anda.
Social media marketing telah menjadi teknik pemasaran yang biayanya murah dengan jangkauan konsumen yang tidak terbatas. Jika Anda dapat menerapkan penggunaan social media marketing dengan baik, maka akan memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis yang tengah berjalan.
Memperoleh Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar
Facebook, Instagram, dan TikTok saat ini menjadi media sosial yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis dalam membantu promosi dan meningkatkan penjualan secara online. Ketiga media sosial tersebut memiliki jumlah pengguna aktif sangat banyak yang tersebar di seluruh dunia.
Sudah pasti jumlah pengguna media sosial yang banyak ini dapat membantu berbagai lapisan pelaku bisnis untuk memperoleh konsumen yang potensial. Tujuan social media marketing membuat jangkauan target pasar Anda juga semakin luas.
Bahkan Anda dapat mengatakan lebih banyak konsumen menggunakan berbagai fitur yang tersedia dari media sosial. Pelaku bisnis juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk mencari pesaing sejenis, agar dapat menganalisis teknik pemasaran yang mereka lakukan, jenis produk yang dijual, dan informasi lainnya.
Efisiensi Biaya
Pastinya di perusahaan manapun akan mempertimbangkan efisiensi biaya dalam melakukan promosi atau strategi pemasaran. Apalagi jika pilihan jatuh kepada penggunaan social media marketing. Alasannya karena media sosial berperan penting dan berkontribusi dalam penurunan biaya operasional dan pemasaran.
Dibandingkan pemasaran secara konvensional seperti melalui telepon atau SMS, bahkan dengan kunjungan langsung ke instansi atau door to door, maka social media marketing bisa menjangkau konsumen lebih luas.
Sebagai Alat CRM Perusahaan
CRM adalah Customer Relationship Management, sebuah upaya dari perusahaan untuk membangun komunitas pengguna produk atau jasa yang dijual. Pelaku bisnis bisa berkomunikasi dengan para konsumen loyal, mengetahui konsumen yang pasif, atau perilaku konsumen lainnya.
Melalui strategi social media marketing, Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan lama, konsumen baru, atau pengguna media sosial yang baru melihat produk/jasa yang ditawarkan. Tanggapan, saran, kritik, dan komentar dari semua orang yang melihat hingga menggunakan produk dan jasa, sehingga memudahkan perusahaan mengembangkan dan memperbaiki kualitas produk dan jasa tersebut.
Manfaat Social Media Marketing
Pemasaran media sosial menawarkan keuntungan yang besar bagi brand. Berikut ini manfaat yang dapat diperoleh ketika bisnis menggunakan social media marketing.
Ide Konten Baru
Manfaat social media marketing yang pertama adalah mendapatkan ide konten iklan baru yang fresh dan segar. Adanya bantuan media sosial, Anda akan mendapatkan ide konten baru melalui berita, update, konten dari kompetitor, dan lain sebagainya.
Untuk membuat brand awareness, merek mengandalkan pemberitaan dan referensi dalam membuat konten yang akan disukai oleh customer. Cara untuk mendapatkan ide konten dan meningkatkan engagement melalui crowdsourcing.
Manajemen Reputasi Online
Jangan pernah mengabaikan feedback, pertanyaan, atau keluhan pelanggan. Penggunaan media sosial secara proaktif akan menjadikan layanan dan keterlibatan pelanggan dengan sangat baik.
Kemampuan Ads Berbayar yang Diperluas
Platform media sosial mampu menjalankan iklan berbayar dengan penargetan yang tepat. Temukanlah segmen customer yang tepat sehingga produk diminati dan dibeli oleh mereka.
Menjadi Top of Mind
Di Era seperti saat ini, kebanyakan orang tenggelam dalam lautan informasi sehingga mereka memiliki FOMO (Fear of Missing Out) atau rasa takut akan ketinggalan informasi. Konten yang disajikan secara reguler dan menarik tentu akan selalu diingat bagi mereka.
Sosial Media Penghasil Pendapatan yang Efektif
Saat ini media sosial menjadi sarana paling ampuh dalam memasarkan produk untuk dijual. Dengan bantuan iklan berbayar menjadikan reach atau jangkauan promosi produk menjadi lebih luas dan sesuai dengan target market yang dituju.
Bukan tak mungkin lagi jika kedepannya sosial media ini akan menjadi penghasil pendapatan yang sangat efektif untuk bisnis.