Konsumen di Asia Pasifik Semakin Sadar untuk Menjaga Kesehatan

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
24 Mei 2023, 15:38
Ribuan member independen Herbalife Nutrition Indonesia melakukan senam bersama saat perayaan Herbalife Nutrition Day (HND) 2019 dan juga Kampanye Hidup Sehat di Tangerang, Banten, Sabtu (12/10/2019). HND yang diselenggarakan di 81 kota dan melibatkan 33,5
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ribuan member independen Herbalife Nutrition Indonesia melakukan senam bersama saat perayaan Herbalife Nutrition Day (HND) 2019 dan juga Kampanye Hidup Sehat di Tangerang, Banten, Sabtu (12/10/2019). HND yang diselenggarakan di 81 kota dan melibatkan 33,500 peserta ini untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat sekaligus mendukung program pemerintah Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang diinisiasi sejak 2016 untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Herbalife merilis temuan dari survei Asia Pacific Health Priority 2023 yang mengungkapkan bahwa sebanyak 77 persen konsumen di wilayah Asia Pasifik menjadi lebih sadar setelah pandemi Covid-19. Sentimen ini paling terlihat di Thailand (93 persen), Indonesia (92 persen), Filipina (87 persen), dan Vietnam (86 persen).

Menurut survei tersebut, hampir 70 persen responden telah mengalihkan prioritas kesehatannya menjadi lebih fokus pada gaya hidup sehat dan aktif. Selain itu, 51 persen responden meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menjaga kualitas tidur lebih yang baik (46 persen).

Sementara sebanyak 46 persen responden berupaya meningkatkan kekebalan tubuh sebagai tujuan kesehatan utama yang ingin dicapai, diikuti dengan meningkatkan kebiasaan makan yang sehat (42 persen) dan kesehatan mental (40 persen).

Regional President Herbalife Asia Pacific and China Stephen Conchie mengatakan, perusahaan berupaya memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Hal ini seiring dengan meningkatnya minat dalam pemenuhan gaya hidup sehat dan aktif serta kebutuhan yang semakin besar akan dukungan komunitas untuk mengatasi tantangan dalam menjaga kesehatan. 

"Kami memiliki beragam produk nutrisi berkualitas tinggi, bersama dengan anggota independen yang menawarkan pelatihan pribadi dan dukungan komunitas dari orang-orang dengan pandangan sama. Serta, memberikan konsumen solusi yang komprehensif dan personal dalam mencapai tujuan kesehatan dan kesejahteraan mereka,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/5).

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa setiap generasi memiliki prioritas yang berbeda dalam meningkatkan kesehatan mereka. Responden yang lebih tua seperti generasi x dan boomers lebih fokus pada peningkatan kekebalan tubuh (50 persen), dibandingkan dengan generasi z dan millennials (42 persen). 

Di sisi lain, sebanyak 46 persen dari generasi yang lebih muda menganggap peningkatan kesehatan mental sebagai bagian yang penting dari tujuan kesehatan mereka. Sementara hanya, 34 persen dari generasi yang lebih tua memiliki pandangan yang sama.

Meskipun 85 persen responden mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan kesehatan, masih ada tantangan yang dihadapi. Antara lain kurangnya waktu (45 persen) dan kurangnya motivasi (39 persen). Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, sebanyak 84 persen mengakui pentingnya memiliki kelompok dukungan dalam perjalanan kesehatan dan gaya hidup.

Survei dilakukan pada bulan April 2023 kepada 5.504 konsumen berusia 18 hingga 78 tahun di 11 negara Asia Pasifik. Termasuk Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Kesediaan Mengeluarkan Uang Lebih untuk Kesehatan dan Gaya Hidup

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...