3 Struktur Teks Cerita Sejarah Lengkap dengan Contohnya
Sejarah merupakan peristiwa yang terjadi di masa lampau, misalnya sejarah kemerdekaan Indonesia, sejarah terbentuknya kerajaan Majapahit, hingga sejarah terciptanya bola lampu.
Salah satu bentukan tulisan dari peristiwa tersebut disebut teks cerita sejarah. Mengutip buku berjudul Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi (2021), teks cerita sejarah adalah teks yang menceritakan peristiwa sejarah. Diketahui bahwa teks cerita sejarah merupakan salah satu bentuk karya sastra prosa yang sifatnya imajinatif. Namun, kisah yang ditulis tetap mengacu pada kejadian aslinya.
Sifat imajinatif tersebut membuat teks cerita sejarah tidak melulu dapat disebut peristiwa sejarah. Melansir Gramedia, terdapat beberapa nilai agar teks cerita dapat digolongkan ke dalam sejarah. Di antaranya yaitu peristiwa memberikan dampak bagi orang banyak.
Adapun yang akan dibahas lebih lanjut pada tulisan ini yaitu struktur teks cerita sejarah. Untuk dapat menulisnya, simak pembahasan di bawah ini.
Struktur Teks Cerita Sejarah
Struktur teks cerita sejarah memiliki urutan yang baku, dan tak bisa dipisahkan. Berikut penjelasan selengkapnya.
1. Orientasi (Pembuka)
Struktur teks cerita sejarah pada bagian awal terdiri atas orientasi. Berisi pembukaan, termasuk pengenalan tokoh, penokohan, latar tempat dan waktu, serta konflik yang membangun cerita.
Orientasi umumnya berisi kalimat deskriptif yang menjelaskan unsur-unsur yang disebutkan di atas. Anda bisa menuliskan tentang penjelasan dan pengertian dari apa yang diceritakan.
Contoh:
Cerita macam itu berkembang ke arah salah kaprah. Entah siapakah yang bercerita, kabut tebal itu memang disengaja oleh para dewa di kayangan agar wajah cantik para bidadari yang turun dari kayangan melalui pelangi jangan sampai dipergoki manusia. Para bidadari itu turun untuk memberikan penghormatan kepada satu-satunya wanita di dunia yang terpilih sebagai sang Ardhanareswari, yang berarti wanita utama yang menurunkan raja-raja besar di tanah Jawa ini.
Maklum sebagai sang Ardhanareswari, Ken Dedes adalah titisan dari Pradnya Paramita, dewi ilmu pengetahuan. Apa benar kabut tebal itu turun karena para bidadari turun dari langit? Gajah Mada tidak bisa menyembunyikan senyumnya dari kenangan kakek tua, yang menuturkan cerita itu dan mengaku memergoki para bidadari itu, lalu mengambil salah seorang di antara mereka menjadi istrinya. Gajah Mada ingat, anak kakek tua itu perempuan semua dan jelek semua, sama sekali tidak ada pertanda titisan bidadari.
2. Urutan Peristiwa
Struktur teks cerita sejarah setelah orientasi adalah urutan peristiwa. Sebagaimana cerita sejarah, bagian ini mengisahkan tentang bagian-bagian ‘cerita sejarah’ secara runtut.
Urutan peristiwa ditulis secara kronologis. Masih melansir Gramedia, bagian ini biasa disusun secara gradual, yakni secara berangsur-angsur sesuai dengan urutannya.
Contoh:
”Mirip cerita Jaka Tarub saja,” gumam Gajah Mada sekali lagi untuk diri sendiri. ”Lagi pula, setahuku tidak pernah ada pelangi di malam hari. Pelangi itu munculnya selalu siang dan ketika sedang turun hujan.”
Lebih jauh soal kabut tebal pula, konon ketika Calon Arang, si perempuan penyihir dari Ghirah marah dan menebar tenung, kabut amat tebal membawa penyakit turun tak hanya di wilayah tertentu. Namun, merata di seluruh negara, menyebabkan Prabu Airlangga dan Patih Narottama kebingungan dan terpaksa minta bantuan kepada Empu Barada untuk meredam sepak terjang wanita menakutkan itu. Empu Barada benar-benar sakti. Empu itu menebas pelepah daun keluwih yang melayang terbang ketika dibacakan japa mantra. Beralaskan pelepah daun itulah Empu Barada terbang membubung ke langit dan memperhatikan seberapa luas kabut pembawa tenung dan penyakit. Empu Barada melihat, ampak-ampak pedhut itu memang sangat luas dan menelan luas negara dari ujung ke ujung. Untunglah cahaya Hyang Bagaskara yang datang di pagi harinya mampu mengusir kabut itu menjauh tanpa tersisa jejaknya sedikit pun. ”
Hanya sebuah dongeng,” gumam Gajah Mada untuk diri sendiri. Kabut tebal itu memang mengurangi jarak pandang dan mengganggu siapapun untuk mengetahui keadaan di sekitarnya. Ketika sebelumnya siapa pun tak sempat memikirkan, itulah saatnya siapa pun mendadak merasakan bagaimana menjadi orang buta yang tidak bisa melihat apa-apa. Pada wilayah yang kabutnya benar-benar tebal, untuk mengenali benda-benda di sekitarnya harus dengan meraba-raba.
Akan tetapi, tidak demikian dengan anjing yang menggonggong sahut-sahutan ramai sekali. Apa yang dilakukan anjing itu laporannya akhirnya sampai ke telinga Gajah Mada. Gajah Enggon yang meminta izin untuk bertemu segera melepas warastra, sanderan dengan ciri-ciri khusus yang dibalas Gajah Mada dengan anak panah yang sama melalui isyarat khusus pula. Dari jawaban anak panah itu Gajah Enggon dan Gagak Bongol mengetahui di mana Gajah Mada berada. Gagak Bongol dan Enggon segera melaporkan temuannya.
“Ditemukan mayat lagi, Kakang Gajah,” Gajah Enggon melaporkan. Gajah Mada memandangi wajah samar-samar di depannya. ”Mayat siapa?”
“Prajurit bernama Klabang Gendis mati dengan anak panah menancap tepat di tenggorokannya. Tak ada jejak perkelahian apa pun, sasaran menjadi korban tanpa menyadari arah bidikan anak panah tertuju kepadanya.”
Gajah Mada merasa tak nyaman memperoleh laporan itu. Orang yang mampu melepas anak panah dengan sasaran sulit pastilah orang yang sangat menguasai sifat gendewa dan anak panahnya. Orang yang mampu melakukan hal khusus macam itu amat terbatas dan umumnya ada di barisan pasukan Bhayangkara. Adakah prajurit Bhayangkara yang terlibat? ”
Dan kami temukan mayat kedua,” Gagak Bongol menambahkan.
”Pelaku pembunuhan menggunakan anak panah itu mati dipatuk ular.”
Mayatnya dicabik-cabik beberapa ekor anjing. Pembunuh yang terbunuh ini, menyisakan jejak rasa kecewa di hati kita, Kakang. Aku tahu, Kakang Gajah pasti kecewa mengetahui siapa dia?”
Gajah Mada menengadah memandang langit. Namun, tak ada apa pun yang tampak kecuali warna pedhut yang makin menghitam legam.
”Bhayangkara?”
”Ya,” jawab Gagak Bongol. ”Siapa?” lanjut Gajah Mada.
3. Reorientasi
Reorientasi pada struktur teks cerita sejarah berisi tentang peninjauan kembali topik dan konflik. Patut diketahui bahwa reorientasi hanya bersifat opsional.
Bagian ini juga bisa diisi dengan komentar personal dari penulis. Selain itu juga bisa membahas hikmah dari cerita yang ditulis.
Contoh:
Gagak Bongol dan Senopati Gajah Enggon tidak segera menjawab dan memberikan kesempatan kepada Patih Daha Gajah Mada untuk menemukan sendiri jawabnya. Nama pembunuh yang mati dipatuk ular itu tentu berada di barisan yang tersisa dari nama-nama prajurit Bhayangkara yang pernah dipimpinnya.
Nama-nama itu adalah Bhayangkara Lembu Pulung, Panjang Sumprit, Kartika Sinumping, Jayabaya, Pradhabasu, Lembang Laut, Riung Samudra, Gajah Geneng, Gajah Enggon, Macan Liwung, dan Gagak Bongol.
Panji Saprang yang berkhianat dan menjadi kaki tangan Rakrian Kuti mati dibunuh Gajah Mada di terowongan bawah tanah ketika pontang-panting menyelamatkan Sri Jayanegara. Bhayangkara Risang Panjer Lawang gugur di Mojoagung, dibunuh dengan cara licik oleh pengkhianat kaki tangan Ra Kuti. Selanjutnya, Mahisa Kingkin terbunuh oleh Gagak Bongol sebagai korban fitnah di Hangawiyat. Terakhir, Singa Parepen atau Bango Lumayang yang berkhianat mati dibunuhnya di Bedander ketika kamanungsan sebagai pengkhianat.
Demikian penjelasan lengkap mengenai struktur teks cerita sejarah yang bisa dijadikan acuan penulisan. Diketahui bahwa contoh di atas tergolong ke dalam teks cerita sejarah fiksi.