Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya
Ilmu ekonomi berkaitan dengan mengatur keuangan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Mata pelajaran ekonomi diajarkan mulai kelas 9 SMP dan SMA.
Ekonomi masuk pelajaran sosial untuk persiapan tes perguruan tinggi. Ilmu ekonomi termasuk ilmu yang menelaah keuangan pasar mulai dari nilai tukar, suku bunga, perdagangan internasional, hingga kebijakan pemerintah.
Berikut pengertian ekonomi dan ekonomi kreatif menurut para ahli.
Pengertian Ekonomi
Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomia yang terdiri dari dua kata 'oikos' artinya rumah tangga. Sedangkan nomos maknanya peraturan. Jika digabung ekonomi artinya rumah tangga dan peraturan. Dapat disimpulkan arti ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara memenuhi kebutuhan hidup manusia, melalui sumber daya.
Kebutuhan manusia ini semakin banyak dan tidak terbatas. Adanya ilmu ekonomi membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan melalui barang dan jasa. Mempelajari ilmu ekonomi membantu dalam pengambilan keputusan, memberi pengertian pada potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi yang diambil.
Berikut pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli ekonomi.
1. Alfred Marshall
Ilmu ekonomi adalah studi tentang penyelidikan aktivitas sosial dan individu, dalam hubungan dengan kecakapan untuk menggunakan kebutuhan materi.
2. John Stuart Mill
Ilmu ekonomi merupakan pengetahuan tentang cara memproduksi dan mendistribusikan suatu kekayaan.
3. JR Hicks
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam dunia perdagangan.
4. P.A. Samuelson
Ilmu ekonomi yaitu suatu studi tentang individu masyarakat dalam membuat pilihan, atau tanpa menggunakan uang, dan sumber daya yang terbatas. Kemudian sumber daya tersebut diubah untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai kebutuhan konsumsi untuk masyarakat.
5. H. J. Davenport
Berdasarkan buku “Economics of Enterprise”, H. J. Davenport menjelaskan ilmu ekonomi sebagai pengetahuan yang mengendalikan berbagai masalah dari titik tolak harga. Ilmu ekonomi adalah peralatan mempelajari bagaimana tingkat produksi bisa ditingkatkan sehingga kehidupan masyarakat dapat meningkat pula.
6. John Stuart Mill
John Stuart Mill menjelaskan ilmu ekonomi mempelajari beragam seluk-beluk penagihan dan pengeluaran. Selain itu, ekonomi juga membahas kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.
7. Mankiw
Mankiw berpendapat ilmu ekonomi mempelajari bagaimana individu saling berinteraksi satu sama lain. Selain itu ilmu ekonomi dapat meningkatkan pemahaman, potensi, dan kebijakan ekonomi.
Pengertian Ekonomi Kreatif
Istilah ekonomi kreatif muncul setelah perkembangnya bidang ekonomi dan teknologi. Di Indonesia ekonomi kreatif muncul tahun 2006, ketika Kementerian Perdagangan mengadakan program Indonesia Design Power. Tujuan program ini berfokus pada pemekaran bidang dan jasa yang mampu memberi celah untuk pelaku dan industri kreatif di Indonesia.
Pengertian ekonomi kreatif adalah aspek ekonomi yang mengandalkan gagasan, pemahaman, dan persepsi kreativitas dari manusia. Ekonomi kreatif termasuk kegiatan produksi distribusi barang jasa, yang membutuhkan ide kreatif, gagasa, dan kemampuan intelektual. Aliran ekonomi kreatif muncul pada abad ke-21 yang berfokus pada nilai intelektual untuk menciptakan uang.
Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli
1. John Howkins
Ekonomi kreatif adalah suatu aspek menumbuhkan ekonomi melalui potensi kreativitas yang dikuasai tiap manusia.
2. Departemen Perdagangan Republik Indonesia
Ekonomi kreatif adalah suatu industri berlandaskan gagasan kreatif, kemahiran, dan talenta yang dikuasai perseorangan. Tujuannya agar mampu mewujudkan ketentraman sekaligus menggagas lapangan pekerjaan melalui kreativitas yang dikuasai.
3. Department of Culture, Media, and Sport (DCMC)
Ekonomi kreatif adalah suatu industri kreatif yang bermula dari kreativitas perseorangan, kemahiran, dan talenta untuk membuka lapangan pekerjaan. Pendayagunaan melalui kekayaan intelektual dan konten.
4. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD)
Ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi yang berkembang, berdasarkan aset kreatif untuk menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.
5. Institute for Development Economy and Finance
Ekonomi kreatif merupakan suatu jalan menambah nilai lebih, bersumber dari kekayaan dan intelektual. Sumber mengubah nilai meliputi kreativitas, talenta, dan kecakapan setiap orang untuk menghasilkan produk yang mampu diperjualbelikan.
6. United Nations Conference on Trade and Development
Ekonomi kreatif adalah gagasan tumbuh dari potensi kreatif untuk membangun kemajuan dan kelanjutan ekonomi.
Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif
Berdasarkan pengertian diatas, ekonomi kreatif membutuhkan kreativitas dan intelektual untuk proses produksi. Maka ciri-ciri menonjol dari ekonomi kreatif antara lain.
1. Mudah Digantikan
Kreativitas dan inovasi dapat dikembangkan untuk terwujudnya produk terkini yang turut serta dalam pertumbuhan roda ekonomi. Sehingga mampu disambut baik pangsa pasar, mengingat produk yang mudah dapat ditiru dan cepat digantikan.
2. Kreasi Intelektual
Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi proses produksi. Contohnya kreativitas dan kemahiran untuk potensi nilai jual barang dan jasa.
3. Penyediaan Lapangan dan Tidak Langsung
Produk yang didapatkan dari perusahaan dapat diperjualbelikan tanpa perantara pada konsumen. Atau produk bisa diperjualbelikan melalui perantara.
4. Berdasarkan Ide
Ekonomi kreatif membuat kreasi produk terkini berdasarkan ide dan gagasan, sesuai perkembangan jaman.
5. Tidak Terbatas
Kreasi produk kreatif diharapkan bisa diterima pasar. Disisi lain produk dapat bermanfaat untuk jangka waktu lama dan tidak terbatas di kalangan tertentu.
6. Membutuhkan Kerjasama
Industri kreatif wajib memperhatikan kerjasama dari pihak lain. Contohnya pengusaha dan pemerintah sebagai regulator untuk memperluas jaringan perkembangan produksi.