5 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar
Dalam dunia kerja, ada kalanya seorang karyawan ingin mengundurkan diri dari perusahaan karena berbagai alasan. Bila itu terjadi, biasanya pihak HRD perusahaan akan meminta karyawan tersebut untuk mengirimkan surat pengunduran diri atau resign sebulan seblumnya.
Hal ini bertujuan agar perusahaan bisa segera mencari pengganti. Hal ini juga penting dilakukan agar hubungan karyawan tersebut dengan perusahaan tetap terjalin baik meski tidak bersama lagi.
Bila Anda juga ingin mengirimkan surat resign, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menulis surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar. Jika bingung, ada banyak contohnya di internet yang bisa dijadikan referensi.
Berikut di bawah ini informasinya.
Format Surat Pengunduran Diri Kerja
Bila ingin mengirimkan surat pengunduran diri kerja kepada bagian HRD perusahaan, Anda sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu format surat penulisannya yang baik dan benar. Adapun format penulisan surat resign yang tepat yaitu:
1. Bagian Kepala Surat
Bagian kepala surat merupakan bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Pada bagian ini, terdapat beberapa hal yang perlu dicantumkan antara lain tanggal pembuatan surat, nama penerima, dan alamat yang dituju.
Hal ini bertujuan agar pesan terkirim ke alamat yang benar. Agar tidak salah format, Anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu aturan penulisan alamat surat yang benar.
2. Inti atau Isi Surat
Bagian inti atau isi surat umumnya berisi informasi detail seputar alasan Anda mengajukan resign. Ketika menulis bagian ini, pastikan Anda menggunakan bahasa yang lugas dan efektif.
Selain itu, sampaikan juga inti alasan resign secara langsung menggunakan bahasa Indonesia yang sopan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kata permohonan maaf terlebih dahulu saat menyatakan ingin mengundurkan diri.
3. Penutup Surat
Pada bagian penutup, Anda perlu menuliskan ucapan terima kasih dan mungkin juga harapan untuk tetap menjalin hubungan dan kerja sama baik dengan perusahaan.
Tutup surat dengan menuliskan ucapan salam, tanda tangan, dan nama terang Anda di bagian akhir.
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja
Berikut ini lima contoh surat penngunduran diri kerja dari berbagai sumber sebagai referensi agar paham format penulisannya yang baik dan benar.
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 1
Jakarta, 29 Agustus 2022
Kepada Yth,
Kepala HRD (Perusahaan Anda) / (nama atasan langsung Anda dan jabatannya)
di (Lokasi Perusahaan Anda)
Dengan hormat,
Melalui surat tertulis ini, saya atas nama (Nama Anda) bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi (masukkan jabatan Anda) di (masukkan nama perusahaan).
Saya mengajukan pengunduran diri karena ingin menjalankan bisnis sendiri. Melalui surat ini, saya juga ingin mengabarkan bahwa hari terakhir saya bekerja adalah tanggal (masukkan tanggal).
Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 5 tahun ini. Saya mohon maaf jika selama saya bekerja banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.
Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga (Perusahaan Anda) akan semakin berkembang dan maju.
Hormat Saya,
(Nama Anda)
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 2
Jakarta, 31 Juli 2022
Kepada
Yth. Pimpinan PT Gemilang Sejahtera
Di tempat
Berikut ini yang bertanda tangan adalah:
Nama : Nina Suryani
Alamat: Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Jabatan: Staf marketing
Melalui surat ini saya ingin mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak pimpin. Alasannya karena akan pindah dan tinggal menetap di luar kota.
Saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk bekerja secara profesional bersama tim marketing. Saya juga minta maaf jika selama bekerja di sini banyak melakukan kesalahan.
Demikian, surat resign ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,