Cara Menyusun Skala Prioritas, Manfaat dan Faktor yang Mempengaruhiya

Anggi Mardiana
11 September 2023, 10:25
Cara Menyusun Skala Prioritas
Unsplash
Ilustrasi, Cara Menyusun Skala Prioritas

Cara menyusun skala prioritas membantu dalam membuat keputusan yang tepat saat merencanakan suatu anggaran. Perlu diingat bahwa tidak semua keinginan atau kebutuhan harus dipenuhi secara menyeluruh. Kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang memiliki perbedaan berdasarkan tingkat kepentingannya.

Menyusun skala prioritas membantu kita dalam mengelola keuangan secara bijak agar kebutuhan yang bersifat penting bisa dipenuhi secara maksimal. Dengan mengelola keuangan secara bijak, kita bisa membiasakan hidup hemat, teratur dan melakukan pengeluaran sesuai kebutuhan untuk merencanakan masa depan yang lebih baik.

Apa itu Skala Prioritas?

Mengutip Scribd.com, skala prioritas adalah ukuran kebutuhan yang disusun berdasarkan tingkat kebutuhan dalam suatu daftar. Mulai dari kebutuhan yang paling penting hingga bisa ditunda. Dengan begitu, kita bisa mempertimbangkan mana kebutuhan yang bisa ditunda dan harus didahulukan.

Skala prioritas diperlukan untuk mengatasi masalah ekonomi saat sumber daya yang tersedia terbatas sedangkan kebutuhan tidak terbatas. Skala prioritas terbilang penting dibandingkan yang lain sehingga perlu menyelesaikan terlebih dahulu mana yang harus dikerjakan dan mengesampingkan gaya hidup yang kurang penting.

Dengan kata lain, skala prioritas merupakan ukuran kebutuhan yang disusun berdasarkan tingkat kepentingannya. Melalui skala prioritas, manusia bisa mengetahui mana kebutuhan yang perlu didahulukan dan ditunda terlebih dahulu.

Manfaat Skala Prioritas Kebutuhan

Manfaat Skala Prioritas Kebutuhan
Manfaat Skala Prioritas Kebutuhan (Unsplash) 

Manfaat skala prioritas kebutuhan ialah mengetahui kebutuhan mana yang paling utama. Karena itu, skala prioritas perlu ditetapkan, berikut beberapa manfaat skala prioritas lainnya:

1. Keuangan Lebih Terkendali

Menentukan skala prioritas bermanfaat agar keuangan lebih terkendali karena kita harus membeli kebutuhan berdasarkan prioritas. Anda bisa lebih menghemat dan menyisihkan uang dana darurat atau kegiatan produktif lainnya.

2. Kebutuhan Utama Terpenuhi

Manfaat skala prioritas yang bisa dirasakan ialah kebutuhan penting bisa terpenuhi. Kondisi ini terjadi karena Anda menyadari dan paham bahwa kebutuhan utama perlu didahulukan dibandingkan membeli sesuatu yang bukan prioritas. Meski pendapatan cukup besar, jika tidak memiliki prioritas kebutuhan maka penghasilan bisa terasa kurang.

3. Mengukur Progres Pencapaian Tujuan

Menyusun skala prioritas bisa membantu mengetahui kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi dan memonitor progres tujuan keuangan yang telah direncanakan.

4. Perencanaan Keuangan Bisa Berjalan Baik

Selain kebutuhan utama terpenuhi dan lebih hemat, manfaat skala prioritas berikutnya yaitu rencana keuangan bisa berjalan dengan semestinya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan uanga secara lebih bijak.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...