Sejarah Hari Kesaktian Pancasila dan Tokohnya yang Gugur

Annisa Fianni Sisma
25 September 2023, 09:46
Hari Kesaktian Pancasila
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.
Ilustrasi, Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu tanggal penting dalam sejarah nasional dan diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Untuk itu, menarik mengetahui sejarah Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila ini memiliki kaitan dengan peristiwa G 30 S. Seluruh warga negara indonesia hendaknya memahami peristiwa ini agar mengetahui perjuangan pahlawan pada masa itu.

Mempelajari dan mengilhami sejarah tidak hanya mengingat jasa pahlawan, tetapi juga memperkuat rasa cinta kepada tanah air. Oleh karena itu, berikut ini sejarah Hari Kesaktian Pancasila.

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Landasan hukum untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967 tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober Sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pada mulanya berdasarkan Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966), peringatan Hari Kesaktian Pancasila hanya diperingati oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Kemudian pada tanggal 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh jajaran Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

Oleh karena itu, Jenderal Soeharto yang ketika itu menduduki posisi sebagai Menteri menerbitkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan terkait peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Landasan yuridis bagi peringatan Hari Kesaktian Pancasila tertuang dalam Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966. Setelah Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) diterbitkan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober diperingati oleh seluruh komponen pemerintahan.

Arti penting dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk mengenang peristiwa sejarah G30S/PKI dan pentingnya kedudukan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Partai Komunis Indonesia (PKI) dianggap bertanggung jawab atas peristiwa pemberontakan tersebut.

Peristiwa G30S/PKI adalah peristiwa dalam rangka memperingati pemberontakan yang terjadi dalam kurun waktu semalam pada tanggal 30 September 1965 sampai dengan 1 Oktober 1965.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...