10 Ciri-Ciri Anak jadi Korban Bullying yang Patut Diwaspadai orang Tua

Tifani
Oleh Tifani
2 Oktober 2023, 08:57
Ciri-Ciri Anak jadi Korban Bullying di Sekolah, ciri anak korban bullying, tanda anak korban bully, korban bully, ciri anak korban bully
Katadata
Ilustrasi Bullying

Bullying atau perilaku perundungan adalah sikap agresif seseorang yang sengaja dan berulang kali menyebabkan orang lain terluka atau tidak nyaman. Bullying dapat berbentuk kekerasan fisik kata-kata atau verbal, atau bahkan sikap lain yang tidak terlalu tampak.

Menurut American Psychological Association (APA), korban bullying dapat mengalami cedera fisik, masalah emosional, masalah sosial sehingga bahkan memiliki resiko bunuh diri dan kematian. Artinya bullying mampu berdampak buruk pada kesehatan fisik dan emosional, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Sayangnya, masih banyak orang tua tidak menyadari atau terlambat mengetahui buah hatinya merupakan korban bullying. Karenanya, para orang tua sebaiknya mengetahui ciri atau tanda anak yang menjadi korban bullying di sekolah.

Ciri-Ciri Anak jadi Korban Bullying di Sekolah

Ilustrasi Pengertian Bullying
Ilustrasi Pengertian Bullying (Katadata)
 

Sekolah seharusnya menjadi rumah kedua bagi anak untuk berlindung dan mengenyam pendidikan. Namun bagi sebagian besar anak, sekolah malah menjadi salah satu tempat paling menakutkan dalam hidupnya.

Menurut laporan UNICEF tahun 2015, 40 persen anak Indonesia mengalami bullying di sekolah. Sementara menurut laporan ICRW (International Center for Research on Women) juga pada tahun yang sama, hampir 84% anak di Indonesia mengalami tindak kekerasan di sekolah yang berakar dari tindakan bullying.

Mirisnya, tindak kekerasan ini bisa terjadi tanpa sepengetahuan guru atau pihak berwenang lainnya di sekolah. Melansir laman National Centre Against Bullying Australia, ciri-ciri anak yang dirundung adalah merasa tidak aman di sekolahnya dan merasa sedih ketika di rumah.

Tidak hanya itu, prestasi buah hati Anda juga akan semakin menurun dan semakin tertutup. Agar lebih paham mengenai ciri-ciri anak jadi korban bullying, berikut ulasannya secara lengkap.

1. Kehilangan Minat pada Hobi atau Hal Lainnya

Ciri-ciri pertama anak menjadi korban perundungan adalah kehilangan minat pada hal-hal yang digemarinya, termasuk hobi. Apabila anak-anak kehilangan minat pada hobi atau makanannya, coba orang tua memperhatikan mereka.

Orang tua juga bisa mencoba mengajak anak komunikasi tentang apa yang tengah dialaminya.

2. Sering Sakit Kepala atau Perut

Obat sakit perut anak
Obat sakit perut anak (scholastic.com)
 

Ciri-ciri anak jadi korban bullying selanjutnya adalah menjadi sering mengalami sakit kepala atau perut. Hal ini akibat dari stres yang dialami oleh anak.

Perlu diketahui, stres bisa menyebabkan sakit secara fisik seperti sakit kepala atau sakit perut. Saat anak-anak diperlakukan buruk bisa juga mereka terkadang akan berpura-pura sakit.

Tujuannya adalah untuk menghindari situasi di mana kemungkinan ia akan ditindas.

3. Tidak Bersemangat Pergi ke Sekolah

Apabila anak-anak mulai terlihat malas pergi ke sekolah, para orang tua perlu untuk mewaspadai. Bukan hanya malas pergi, orang tua juga perlu waspada bila anak sering terlambat sekolah atau melewatkan kelas.

Hal ini lantaran kemungkinan Ia menjadi korban bullying. Tindakan tersebut dilakukannya hanya untuk menghindari perundungan.

Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...