Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 212, 213, dan 214
Pada mata pelajaran matematika kelas 9, siswa akan mempelajari tentang kekongkruen bagun datar. Ini merupakan kondisi ketika dua bangun datar mempunyai ukuran yang sama dan bisa dikatakan sebangun.
Untuk bisa menguasai materi ini, siswa diimbau untuk untuk belajar dengan giat dengan cara mempelajari berbagai soal latihan dan kunci jawabannya untuk mempermudah proses belajar.
Berikut di bawah ini soal dan kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 212, 213, dan 214 yang bisa dijadikan latihan oleh siswa.
Meskipun terdapat kunci jawaban, siswa diharapkan tetap mengerjakan soalnya terlebih dahulu secara mandiri sebelum melihat kunci jawabannya sebagai pembanding.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 212
Berikut ini soal dan kunci jawaban matematika kelas 9 dari halaman 212 hingga 214 yang bisa digunakan sebagai bahan belajar.
1. Manakah di antara gambar di bawah ini yang kongruen?
Jawaban:
- a dengan j
- b dengan i
- c dengan f
- d dengan g
- e dengan h
2. Manakah di antara gambar di bawah ini yang kongruen?
Jawaban:
- a dengan d dan h
- b dengan e dan i
- c dengan f dan g
3. Apakah menurutmu pensil warna pada gambar di samping ini kongruen? Jelaskan.
Jawaban:
- Pensil-pensil tersebut kongruen jika ternyata ukuran dan bentuknya sama.
- Pensil-pensil tersebut tidak kongruen jika ternyata ukuran dan bentuknya berbeda.
4. Tuliskan pasangan bangun yang kongruen.
Tuliskan langkahmu menentukan bangun tersebut, digeser (translasi), diputar
(rotasi), atau gabungannya?
Jawaban:
A – D – M, I – L, dan C – O
- Bangun trapesium A dengan bangun trapesium B (digeser)
- Bangun trapesium A dengan bangun trapesium M (diputar 180⁰)
- Bangun trapesium B dengan bangun trapesium M (diputar 180⁰)
- Bangun segitiga I dengan bangun segitiga L (diputar 90⁰ berlawanan arah jarum jam)
- Bangun segitiga J dengan bangun segitiga O (diputar 180⁰)
5. Berikut ini adalah pasangan bangun yang kongruen. Tuliskan sisi-sisi dan sudut-sudut yang bersesuaian.
Jawaban:
(i) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = NO, BC = OM, AC = NM
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠N, ∠B = ∠O, ∠C = ∠M
(ii) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = MN, BC = NO, CD = OP, DA = PM
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠M, ∠B = ∠N, ∠C = ∠O, ∠D = ∠P
(iii) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = DE, BC = EF, AC = DF
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠D, ∠B = ∠E, ∠C = ∠F
(iv) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = JK, BC = KL, CD = LM, DA = MJ
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M
(v) Sisi-sisi yang bersesuaian: JK = SR, KL = RQ, LM = QV, MN = VT, NJ = TS,
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠J = ∠S, ∠K = ∠R, ∠L = ∠Q, ∠M = ∠V, ∠N = ∠T
(vi) Sisi-sisi yang bersesuaian: PQ = VW, QR = VZ, RS = ZY, ST = YX, TP = XW
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠P = ∠W, ∠Q = ∠V, ∠R = ∠Z, ∠S = ∠Y, ∠T = ∠X
6. Manakah belah ketupat di bawah ini yang kongruen? Jelaskan
Jawaban:
Alasannya karena sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
7. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG adalah kongruen.
Jika panjang sisi AD = 12 cm, DC = 13 cm dan EF = 22 cm maka tentukan panjang EH.
Jawaban:
c2 = a2 + b2
c = √a2 + b2 = √92 + 122 = 15 cm.
Maka, panjang EH = 15 cm.
8. Perhatikan gambar berikut ini.
Jika dua gambar di samping kongruen, tentukan nilai u dan v pada gambar tersebut.
Jawaban: ∠u = 75o dan ∠v = 70o
9. Perhatikan dua gambar rumah tampak dari depan yang kongruen berikut ini.
a. Tentukan sisi-sisi yang bersesuaian.
Jawaban: Besar ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M, ∠E = ∠N
c. Berapa panjang KJ, KL, dan LM?
Jawaban: Keliling JKLMN = 26 m, luas JKLMN = 44 m2
Itulah soal beserta kunci jawaban dari mata pelajaran matematika kelas 9 pada halaman 212, 213, dan 214. Dengan mempelajari kunci jawaban di atas, siswa diharapkan bisa lebih memahami materi Kekongruenan Bangun Datar.