10 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Urutan Kelima

Tifani
Oleh Tifani
19 Februari 2024, 08:33
mata uang terendah di dunia
Freepik
Ilustrasi, mata uang.
Button AI Summarize

Mata uang berperan sebagai alat tukar dan penentu nilai ekonomi suatu negara. Nilai tukar mata uang memiliki efek besar pada daya beli individu, perusahaan, bahkan negara.

Nilai tukar mata uang menentukan kesehatan ekonomi suatu negara dan kesejahteraan masyarakatnya. Mata uang yang bernilai tinggi biasanya menunjukan negara dengan tingkat inflasi yang lebih rendah hingga kestabilan suatu negara.

Begitu pula sebaliknya, nilau mata uang yang rendah dapat menunjukan ketidak stabilan ekonomi suatu negara, tingginya inflasi, hingga rendahnya kemampuan beli masyarakat terhadap barang impor.

Mata Uang Terendah di Dunia

Mata Uang Terendah di Dunia
Mata Uang Terendah di Dunia (ANTARA)

Melansir laman databoks.katadata.co.id, rupiah merupakan salah satu mata uang terendah di dunia pada awal Juli 2023. Hal ini diukur dari kekuatan mata uang negara-negara berdasarkan nilai tukarnya terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

Selain rupiah, beberapa mata uang terendah di dunia natara lain, rial (Iran), dong (Vietnam), kip (Laos), dan leone (Sierra Leone). Kemudian, mata uang lain yang sedikit lebih kuat dari rupiah, tapi turut masuk ke kelompok 10 terlemah adalah som (Uzbekistan), franc guinea (Guinea), guarani (Paraguay), dan shilling (Uganda).

Berikut daftar mata uang terendah di dunia.

1. Rial Iran

Rial Iran memiliki kode mata uang IRR. Mata uang negara Iran ini menempati posisi pertama sebagai mata uang terlemah di dunia. Nilai konversi 1 USD sama 42.030,00 IRR pada 18 Februari 2024. Konflik militer di Iran-AS menjadi penyebab utama menurunnya nilai tukar IRR terhadap USD.

Iran sendiri merupakan negara yang terletak di Teluk Persia, antara Irak dan Afghanistan, sekaligus eksportir minyak dan gas alam terkemuka di dunia. Namun, berbagai sanksi ekonomi membuat mata uang Iran tertekan.

Melemahnya mata uang rial Iran dimulai pada 1979, setelah Revolusi Islam ketika banyak bisnis meninggalkan negara itu karena situasi yang tidak pasti. Kemudian datang Perang Iran-Irak, dan sanksi ekonomi yang tegas dari beberapa negara di dunia karena program nuklir.

2. Dong Vietnam

Mata uang terendah di dunia selanjutnya adalah Dong, Vietnam (VND). Dalam konversi pada 18 februari 2024, 1 USD sama dengan 24.530,00 VND.

Pelemahan mata uang Vietnam telah dirusak oleh pasar real estate yang buruk dan pembatasan investasi asing. Diperburuk dengan penurunan ekspor baru-baru dan kenaikan suku bunga di AS.

Meski demikian, Bank dunia menyebutkan bahwa Vietnam telah berubah dari salah satu negara termiskin di dunia menjadi negara berpenghasilan menengah. Sektor ekonomi negara ini masih mengandalkan pertanian.

Selain itu pemerintah Vietnam tengah berupaya agar sentralisasi ekonominya dapat bergeser ke ekonomi pasar.

3. Kip Laos

Kip Laos (LAK) menjadi mata uang terlemah di dunia selanjutnya. Sejak diterbitkan tahun 1952, mata uang negara Laos yaitu kip sudah memiliki nilai tukar yang sangat rendah.

I USD sama dengan 20.855,49 LAK pada 18 Februari 2024. Pertumbuhan ekonomi yang lambat, peningkatan utang luar negeri, dan inflasi tinggi memberikan tekanan pada pelemahan mata uang Laos.

4. Leone Sierra Leone

Di posisi keempat dalam daftar mata uang terendah di dunia adalah leone (SLL). Nilai tukar 1 USD terhadap leone adalah 19.750,00 SLL per 18 Februari 2024.

Negara Sierra Leone berada di Afrika Barat dan berbatasan dengan Guinea dan Liberia. Ekspor utama dari negara ini adalah kayu dan mineral seperti berlian, emas dan logam industri.

Konflik bersenjata dan terjadinya kasus virus Ebola di Sierra Leone, menjadi penyebab utama merosotnya nilai tukar mata uang negara. Inflasi yang tinggi hingga melebihi 43 persen pada April 2023.

Ditambah pelemahan ekonomi dan kewajiban utang yang besar menjadi faktor yang menyeret turun mata uang Sierra Leone.

Rupiah menguat 12 poin
Mata Uang Terendah di Dunia (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom)

5. Rupiah Indonesia

Rupiah Indonesia (Rp) menempati urutan kelima dalam daftar mata uang terendah di dunia. Nilai tukar 1 USD terhadap rupiah adalah Rp 15.655,60 per 18 Februari 2024.

Meskipun rupiah adalah mata uang di Asia yang cukup kuat menghadapi tekanan ekonomi global pada 2023. Namun, depresiasi rupiah disebabkan oleh tekanan di tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, jika dilihat dari beberapa waktu kebelakang ini perekonomian Indonesia masih baik. Pada Februari 2022 lalu, nilai konversi 1 USD sama dengan Rp. 14.380 (dolar AS ke rupiah Indonesia).

6. Pound Lebanon

Pound Lebanon (LBP) berada di urutan keenam di antara mata uang terlemah atau terendah di dunia. Nilai tukar 1 USD terhadap pound lebanon adalah 15.030,94 LBP.

Pada Maret 2023, pound Lebanon merosot ke rekor terendah terhadap dollar AS. Mata uang Lebanon melemah lantaran kondisi ekonomi yang sangat tertekan, pengangguran yang tinggi, krisis perbankan, kekacauan politik, dan inflasi yang mencengangkan.

7. Som Uzbekistan

Som Uzbekistan (UZS) adalah mata uang terendah ketujuh di dunia. Nilai tukar 1 USD terhadap som adalah 12.346,09 UZS.

Uzbekistan adalah negara yang terletak di Asia Tengah dan merupakan salah satu pecahan Uni Soviet. Sejak 2017, Uzbekistan telah meluncurkan reformasi ekonomi.

Namun, mata uang negara tersebut tetap melemah, tertahan oleh pertumbuhan ekonomi yang melambat, inflasi yang curam, pengangguran yang tinggi, korupsi yang meluas, dan kemiskinan kronis.

8. Franc Guinea

Franc Guinea (GNF) adalah mata uang terendah di dunia selanjutnya. Nilai tukar 1 USD terhadap mata uang ini adalah 8.595,68 GNF.

Meskipun memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti emas dan berlian, Guinea kesulitan ekonomi karena inflasi yang terus naik. Negara yang berada di Afrika sub-Sahara ini merupakan bekas jajahan Prancis.

Keresahan terhadap penguasa militer negara itu dan masuknya pengungsi dari negara tetangga Liberia dan Sierra Leone juga berkontribusi pada ekonomi dan mata uang Guinea yang melemah.

Mata Uang Terendah di Dunia
Mata Uang Terendah di Dunia (Numista)

9. Guarani Paraguay

Guarani Paraguay (PYG) adalah mata uang terendah kesembilan di dunia. Nilai tukar 1 USD terhadap mata uang ini adalah 7.292,97 PYG.

Inflasi yang tinggi mendekati 10 persen pada 2022. Penyelundupan narkoba dan pencucian uang telah melemahkan mata uang dan perekonomian Paraguay selama bertahun-tahun.

10. Shilling Uganda

Mata uang terendah di dunia terakhir adalah shilling Uganda (UGX). Nilai tukar 1 USD terhadap mata uang ini 3.873,81 UGX.

Uganda adalah sebuah negara di Afrika Timur yang berbatasan dengan Kenya, Sudan Selatan, Tanzania dan Republik Demokratik Kongo. Negara ini kaya dengan komoditas seperti minyak, emas dan kopi.

Tetapi ekonomi negara ini telah terjebak oleh pertumbuhan ekonomi yang tidak stabil, utang tinggi, dan kekacauan politik.

Itulah daftar mata uang terendah di dunia. Mengingat fakta bahwa situasi ekonomi di negara-negara yang berjalan dinamis, maka urutan di atas bisa saja berubah dengan cepat.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...