7 Mata Uang Terendah di Dunia, Ada Rupiah di Dalamnya

Image title
31 Maret 2022, 11:27
Ilustrasi, mata uang rupiah dan dolar AS. Rupiah masuk dalam daftar mata uang terendah di dunia.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Ilustrasi, mata uang rupiah dan dolar AS. Rupiah masuk dalam daftar mata uang terendah di dunia.

Mata uang merupakan satuan harga uang yang berlaku dan disepakati oleh pemerintah. Setiap negara memiliki mata uang sendiri dengan nilai tukar berbeda jika dibandingkan dengan mata uang negara lain.

Berbicara soal nilai tukar, tahukah Anda kalau beberapa mata uang terendah di dunia saat ini nilai tukarnya sangat jauh ketimbang mata uang dolar Amerika Serikat (USD) dan euro (EUR). Rendahnya nilai tukar tersebut dapat dijadikan salah satu indikator untuk mengetahui kondisi ekonomi hingga investasi asing di negara tersebut.

Advertisement

Perlu diketahui saat ini mata uang tertinggi di dunia adalah dinar Kuwait (KWD). Umumnya untuk mengetahui nilai konversi tersebut, setiap mata uang terendah di dunia atau sebaliknya akan dibandingkan dengan dolar AS serta poundsterling atau pounds. Penyebab turunnya nilai tukar tersebut dapat dipengaruhi dari berbagai faktor, seperti pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia sekarang.

Khusus untuk rupiah, mata uang negara kita termasuk ke dalam salah satu mata uang terendah di dunia saat ini. Untuk lebih jelasnya, berikut urutan mata uang dengan nilai terendah.

Daftar Mata Uang Terendah di Dunia

Untuk mengetahui nilai tukar dari sebuah mata uang, maka perlu dipahami dahulu istilah kurs. Secara umum kurs adalah harga mata uang sebuah negara yang diukur menggunakan mata uang negara lain. Sebagai contoh, nilai mata uang rupiah sering dibandingkan serta diukur memakai dolar AS.

Tidak perlu bingung untuk menghitung kurs dari sebuah mata uang. Kini sudah tersedia beberapa platform guna mengetahuinya. Misalnya yaitu Kalkulator Kurs Bank Indonesia (BI). Dilansir dari situs resminya, kurs Transaksi BI disajikan dalam bentuk kurs jual dan kurs beli valas terhadap rupiah, yang digunakan sebagai acuan transaksi BI dengan pihak ketiga, seperti pemerintah.

Selain rupiah,masih ada beberapa mata uang negara lain yang masuk daftar mata uang terendah di dunia selama periode bulan Febuari 2022. Sebagai catatan, nilai tukar tersebut dapat berubah setiap waktunya. Sehingga urutannya pun ikut berubah.

Dikutip dari Fxxsi.com dan sumber lainnya berikut daftar mata uang terendah di dunia:

1. Rial, Iran

Memiliki kode mata uang IRR, rial Iran menempati posisi pertama sebagai mata uang terendah di dunia. Nilai konversinya yaitu 1 USD sama dengan 42.025 IRR (dolar AS ke rial Iran – kurs resmi). Konflik militer di Iran-AS menjadi penyebab utama menurunnya nilai tukar IRR terhadap USD. Selain itu ada juga pembatasan transaksi mata uang asing di negara tersebut.

Devaluasinya dimulai pada 1979 setelah Revolusi Islam ketika banyak bisnis meninggalkan negara itu karena situasi yang tidak pasti. Kemudian datang Perang Iran-Irak, dan sanksi ekonomi yang tegas dari beberapa negara di dunia karena program nuklir. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement