Ditekuk Vietnam 2-0, Timnas Indonesia Gagal Melaju di Piala AFF 2022

Lona Olavia
9 Januari 2023, 21:48
Ditekuk Vietnam 2-0, Timnas Indonesia Gagal Melaju di Piala AFF 2022
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023).

Tim nasional (Timnas) Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2022 usai ditaklukkan tuan rumah Vietnam dengan skor 0-2 pada laga leg kedua semifinal di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1).

Dua gol Vietnam diborong oleh penyerang Nguyen Tien Linh. Tien Linh pun untuk sementara memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF 2022, dengan lima gol, bersama "striker" Thailand Teerasil Dangda.

Advertisement

Bagi Timnas Indonesia, kekalahan itu membuat mereka gagal memenuhi target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2022.

Pada pertandingan tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menggunakan formasi lima bek saat bertahan, di mana bek tengah diisi Jordi Amat, Rizky Ridho dan sang kapten Fachruddin Aryanto. Di pertahanan kiri dan kanan masing-masing dihuni Pratama Arhan serta Asnawi Mangkualam.

Di tengah, Shin menugaskan Marc Klok dan Marselino Ferdinan. Mereka diapit Saddil Ramdani dan Yakob Sayuri di sayap serta Dendy Sulistyawan sebagai penyerang.

Di kubu Vietnam, sang juru taktik Park Hang-seo menampilkan semua pemain andalannya termasuk bek Doan Van Hau, gelandang Do Hung Dung, Nguyen Quang Hai dan penyerang Nguyen Tien Linh.

Dengan komposisi demikian, Vietnam yang membutuhkan kemenangan untuk mengunci tempat di final langsung mengincar gol dan mendapatkannya pada menit ketiga melalui tendangan Nguyen Tien Linh.

Tien Linh mendapatkan umpan jauh dari Do Hung Dung sebelum menjebol gawang Indonesia.

Tertinggal 0-1, Indonesia yang cuma memerlukan hasil imbang dengan gol untuk ke final terus berusaha keluar dari tekanan. Namun, tidak ada gol tambahan yang terjadi. Vietnam memimpin 1-0 sampai turun minum.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement