Polri Siapkan Skenario Amankan Laga Indonesia vs Thailand di Piala AFF

Pertandingan Indonesia versus Thailand di Piala AFF 2022 akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12), pukul 16.30 W
Ira Guslina Sufa
29 Desember 2022, 12:47
Piala AFF 2022
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Aksi suporter mendukung Timnas Indonesia saat bertanding melawan Timnas Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Kepolisian RI menurunkan sebanyak 1.980 personel pengamanan gabungan untuk mengamankan pertandingan antara Indonesia melawan Thailand di Piala AFF. Sesuai jadwal, laga akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), pada Kamis (29/12) sore.

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol. Agung Setya Imam Efendy mengatakan personel gabungan terdiri atas anggota Polri, TNI, dan Satpol PP. Selain itu tim juga dibantu pemadam kebakaran dan petugas kesehatan.

"Untuk pengamanan kami siapkan 1.980 petugas Pam Polri dng TNI dan Satpol PP, damkar dan kesehatan," kata Agung seperti dikutip dari Antara, Kamis (29/12). 

Menurut Agung, pengamanan dari petugas kepolisian berada di zona dua di luar lapangan. Sedangkan untuk pengamanan di dalam zona satu mulai dari lapangan hijau sampai dengan tribun dan pintu masuk disiapkan 500 steward.

Sementara itu, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pertandingan Piala AFF pada tanggal 23 Desember yang lalu, jumlah penonton masih dibatasi belum bisa 100 persen. Diketahui kapasitas Stadion GBK bisa menampung 77.193 orang.

"Hari ini penonton yang dapat masuk Stadion GBK 50.000 orang," kata Agung.

Agar pelaksanaan pertandingan Indonesia laga Thailand hari ini bisa berjalan aman, dan lancar, Agung pun menghimbau kepada para penonton atau suporter untuk tertib. Penonton diharapkan tidak membawa barang berbahaya, duduk di kursi sesuai nomor tempat duduk dan tribun yang tercantum dalam tiket, serta bertempat dengan penonton lainnya.

"Sehingga dapat dinikmati pertandingan Indonesia melawan Thailand hari ini," kata Agung.

Berdasarkan hasil evaluasi, pengamanan pertandingan masih perlu disempurnakan. Meski demikian pertandingan berjalan cukup baik.

Beberapa kendala yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan seperti antrian tiket yang terlalu lama, Polri menyarankan pihak penyelenggaraan untuk menambah jumlah petugas ticketing di setiap pintu masuk menjadi 10 orang.

Kepolisian juga meminta steward untuk memahami tugas utamanya, yaitu mengarahkan penonton duduk sesuai tiketnya, memastikan tidak ada potensi gangguan keamanan, dan tidak ikut menonton pertandingan.

Lalu Safety and Security Officer (SSO) yang benar-benar berkoordinasi dengan steward dan kepolisian yang berada di zona dua, dengan memberikan informasi yang akurat terkait situasi di dalam stadion ke petugas kepolisian.

Anggota Polri yang mengamankan pertandingan di lapangan sepak bola tidak boleh membawa senjata api dan gas air mata. Kepolisian juga akan bergerak berdasarkan kondisi di lapangan sesuai kondisi yang ditetapkan, yakni kondisi kuning, hijau dan merah (ancaman).

Pertandingan Indonesia versus Thailand akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12), pukul 16.30 WIB. Pemenang laga ini akan lolos ke semifinal turnamen ini.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait