Jajaki IPO, Alibaba Dibagi Jadi 6 Entitas Bisnis

Lona Olavia
29 Maret 2023, 13:58
Jajaki IPO, Alibaba Dibagi Jadi 6 Entitas Bisnis
Instagram/@alibaba.group
Ilustrasi. Presiden Grup Alibaba Michael Evans terjerat skandal korupsi 1MDB.

Alibaba Group Holding Ltd berencana membagi bisnisnya menjadi enam unit utama. Dilansir dari Reuters, Rabu (29/3) adapun masing-masing unit akan mengeksplorasi penggalangan dana atau penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).  

Restrukturisasi dari manajemen Alibaba ini merupakan yang terbesar dalam 24 tahun sejarahnya. Di mana, Alibaba akan membaginya menjadi enam unit. Yakni Cloud Intelligence Group, Taobao Tmall Commerce Group, Local Services Group, Cainiao Smart Logistics Group, Global Digital Commerce Group, dan Digital Media and Entertainment Group. 

Perubahan itu terjadi sehari setelah pendiri Alibaba Jack Ma pulang dari tinggal selama setahun di luar negeri.  Zhang akan melanjutkan sebagai ketua dan CEO Alibaba Group, sekaligus menjabat sebagai CEO Cloud Intelligence Group. Adapun masing-masing dari enam bisnis tersebut akan memiliki CEO serta dewan direksi.

Kecuali untuk Taobao Tmall Commerce Group yang menangani bisnis perdagangan Cina dan akan tetap menjadi unit yang sepenuhnya dimiliki oleh Alibaba Group.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...