Antisipasi Covid-19, Commuter Line Tak Tambah Rute di Malam Tahun Baru

Happy Fajrian
31 Desember 2020, 13:52
tahun baru, commuter line, covid-19
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
Sejumlah calon penumpang bergegas naik KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (13/7/2020).

Operator Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek, KAI Commuter, tidak menambah perjalanan KRL di malam tahun baru 2020 ke 2021. Waktu operasional perjalanan KRL pun tidak mengalami perubahan, yakni mulai pukul 04:00 hingga 22:00.

Ini berbeda dengan malam pergantian tahun baru 2019 ke 2020, di mana KAI Commuter menambah hingga 28 perjalanan, dan waktu operasional KRL diperpanjang hingga pukul 03.00 pada 1 Januari 2020.

“Tidak ada jadwal KRL tambahan pada malam pergantian tahun kali ini,” kata Vice President Corporate Communications KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (31/12).

Penyesuaian jam operasional ini sudah berlaku mulai 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Penyesuaian jam operasional ini juga sebagai bentuk dukungan KAI Commuter terhadap upaya bersama mengendalikan penyebaran Covid-19.

Dalam penyesuaian jam operasional ini, KAI Commuter tetap mengoperasikan 964 perjalanan KRL Commuter Line per harinya dengan total sebanyak 91 rangkaian kereta.

“Dengan penyesuaian jam operasional KRL ini juga, Commuter Line mengajak para pengguna kami ajak untuk bersama-sama mengikuti aturan yang berlaku, serta merencanakan perjalanan dengan baik dan keluar rumah hanya untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak,” kata Anne.

LAYANAN KESEHATAN PENGGUNA KRL
LAYANAN KESEHATAN PENGGUNA KRL (ANTARA FOTO/ Reno Esnir/foc.)

Masyarakat yang tetap keluar rumah pada malam pergantian tahun juga tidak diizinkan untuk berada di area stasiun setelah jadwal KRL berakhir. Usai jadwal KRL terakhir, stasiun akan dibersihkan sebagai persiapan untuk perjalanan KRL pada 1 Januari 2020.

Dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, Commuter Line secara konsisten menerapkan protokol kesehatan, seperti gerakan 3M yang harus dilakukan oleh seluruh karyawan PT KCI dan pengguna KRL baik di area stasiun maupun di dalam perjalanan KRL.

KAI Commuter juga telah memasang wastafel tambahan di 80 stasiun yang melayani KRL untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...