Lewat Blockchain, PermataBank Fasilitasi Trade Finance ke UT dan UTSG

Lona Olavia
16 Desember 2022, 15:42
Lewat Blockchain, PermataBank Fasilitasi Trade Finance ke UT dan UTSG
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang wanita melintas di teller PT Bank Permata Tbk, kawasan World Trade Center 2, Sudirman,  Jakarta Selatan (18/3). 

 

PT Bank Permata Tbk atau PermataBank menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi blockchain untuk transaksi Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN). Di mana, seluruh pembuatan dan pertukaran dokumen dilakukan secara digital. Misalnya saja, dalam keseluruhan transaksi perdagangan antara PT United Tractors Tbk (UT) atau UNTR dan PT United Tractors Semen Gresik (UTSG) yang didukung oleh Permata Trade Finance. 

Director Wholesale Banking PermataBank Darwin Wibowo mengatakan, implementasi teknologi blockchain pada sektor perbankan dapat memberikan peningkatan efisiensi, penghematan biaya, serta mengurangi berbagai risiko keuangan bagi korporasi dengan skala dan transaksi pasar yang luas. 

Ia menambahkan, teknologi blockchain yang diterapkan dalam transaksi trade finance akan mengoptimalkan perdagangan global yang lebih mudah, efisien, dan aman. Teknologi ini akan membantu nasabah korporat memaksimalkan sumber daya dan meningkatkan arus kas, sehingga diharapkan dapat mengakselerasi bisnis nasabah. 

“Transaksi SKBDN yang berhasil dilakukan menggunakan teknologi blockchain antara PT United Tractors Tbk dan United Tractors Semen Gresik merupakan sebuah pencapaian sekaligus terobosan baru bagi proses trade finance di Indonesia. Hal ini sejalan dengan strategi kami untuk memperluas skala bisnis dengan menerapkan model bisnis digital yang lebih cepat dan aman. Kami mengapresiasi kepercayaan PT United Tractors Tbk dan PT United Tractors Semen Gresik terhadap kapasitas kami sebagai fasilitator transaksi keuangan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (16/12). 

Sementara itu, Corporate Treasury Head PT United Tractors Tbk Ramandhika mengatakan, manfaat transaksi SKBDN dengan blockchain ini membantu UT sebagai penerima SKBDN untuk memproses transaksi secara full digital dari mulai penerimaan hingga presentasi dokumen.  

Direktur PT United Tractors Semen Gresik Budi Wahyudarsono menuturkan, sebagai perusahaan yang berfokus pada penyedia layanan solusi bisnis pertambangan quarry regional terkemuka di tingkat Asia Tenggara, perseroan sangat terbantu dengan adanya bantuan trade finance berteknologi blockchain dari PermataBank. 

“Hal ini membuat model bisnis kami semakin dipermudah dalam transaksi keuangan dengan cepat dan transparan, serta mengurangi risiko operasional perusahaan. Tidak hanya itu, setiap detail transaksi juga tercatat di dalam jaringan dalam jangka waktu yang lama, fitur ini sangat membantu kami dalam mengontrol cash flow perusahaan,” ujarnya.

Reporter: Lona Olavia
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait