Kasus Covid-19 Turun ke 31.753, Jateng Terus Catatkan Rekor Buruk

Image title
Oleh Maesaroh
7 Agustus 2021, 19:04
Anggota Satlantas Polresta Bandar Lampung menyosialisasikan bahaya COVID-19 di sejumlah Pasar tradisional di Bandar Lampung, Lampung, Jumat (6/8/2021). Satlantas Polresta Bandar Lampung menggunakan kostum pocong dan berperan sebagai virus Corona serta ten
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Anggota Satlantas Polresta Bandar Lampung menyosialisasikan bahaya COVID-19 di sejumlah Pasar tradisional di Bandar Lampung, Lampung, Jumat (6/8/2021). Satlantas Polresta Bandar Lampung menggunakan kostum pocong dan berperan sebagai virus Corona serta tenaga kesehatan dalam sosialisasi protokol kesehatan (prokes) COVID-19 agar masyarakat tahu dampak yang terjadi saat mengabaikan prokes. ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc.

Kasus positif Covid-19 menurun di hampir semua provinsi di Indonesia. Namun,  kasus positif di Jawa Tengah terus menunjukan kenaikan tajam.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melaporkan adanya penambahan kasus positif sebanyak 31.753 pada Sabtu (7/8) atau yang terendah sejak 2 Agustus (22.404 kasus).  Dari 34 provinsi, hanya delapan provinsi yang pada hari ini melaporkan adanya kenaikan kasus yakni Jawa Tengah, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah,  Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Kasus di Jawa Tengah bahkan naik tajam sebesar 76,7% pada hari Sabtu (7/8)  yakni 5.340. Jawa Tengah juga menjadi provinsi penyumbang kasus terbanyak dalam delapan hari berturut-turut, kecuali pada Kamis (6/8). Dalam delapan hari, Jawa Tengah melaporkan kasus positif sebanyak 33.379. 

 Kenaikan kasus di Jawa Tengah ini memprihatinkan mengingat provinsi di Pulau Jawa seperti DKI Jakarta, DIY, dan Banten terus melaporkan penurunan kasus.

Provinsi lain yang mencatatkan kenaikan tajam adalah Sulawesi Tenggara dengan jumlah kasus mencapai 241, pada Sabtu (7/8), atau naik 20% dibandingkan hari sebelumnya.

Sebaliknya, penurunan kasus terus terjadi di DKI Jakarta. Ibu Kota Indonesia tersebut  melaporkan tambahan kasus sebanyak 2.008  pada Sabtu (7/8), atau yang terendah sejak 2 Agustus lalu (1.410 kasus). Jumlah kasus di Jakarta yang terus turun menjadi kabar baik mengingat kasus yang dilaporkan provinsi ini terus berada di level 5.000 sebelum akhir Juli.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...