Mal Kokas, AEON hingga TP Surabaya Kembali Buka, Ada yang Bisa Dine-in

Sejumlah mal di Jakarta dan Bandung masih belum dibuka kembali untuk pengunjung atau hanya memberikan layanan terbatas. Mal-mal di Surabaya sudah melayani dine-in.
Image title
10 Agustus 2021, 12:21
Sejumlah pengunjung beraktivitas di salah satu gerai busana pusat perbelanjaan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, (2/7/2021). Sebagian besar mal di Jakarta sudah membuka layanannya kembali setelah ada pemerintah memberikan pelonggaran
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah pengunjung beraktivitas di salah satu gerai busana pusat perbelanjaan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, (2/7/2021). Sebagian besar mal di Jakarta sudah membuka layanannya kembali setelah ada pemerintah memberikan pelonggaran

Sebagian besar mal dan pusat perbelanjaan di Jakarta, Surabaya,, dan  Semarang sudah dbuka kembali untuk pengunjung mulai hari ini, Selasa (10/8), menyusul pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah. Namun, beberapa mal di Bandung masih ditutup untuk umum hingga hari ini.

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 16 Agustus untuk wilayah Jawa dan Bali. Namun, pemerintah memberikan pelonggaran dengan mengijinkan mal untuk melayani pengunjung  sebesar 25% kapasitas di wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

 Berdasarkan penulusan Katadata, hampir semu mal dan pusat perbelanjaan di Jakarta sudah dibuka untuk pengunjung, mulai dari Mal Kota Kasablanka, Gandaria City, Pondok Indah, Lippo Mall Kemang, Kuningan City, Grand Indonesia, Plaza Blok M,  AEON Mall Jakarta Garden City,  hingga Mal Taman Angggrek.  Deretan mal tersebut merupakan yang terbesar dan tersibuk di Jakarta.

Sebagian besar mal membuka layanan dari pukul 10:00-20:00 WIB.  Namun, sesuai persyaratan mal-mal tersebut akan mewajibkan pengunjung untuk menunjukan kartu vaksin minimal dosis I, tidak akan mengijinkan pengunjung di bawah umur 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun untuk masuk mal. Mereka juga belum melayani layaanan makan di tempat (dine-in).

Advertisement

mal kota kasablanka(mal kota kasablanka (kotakasablanka/instagram)

 Pusat perbelanjaan seperty ITC Ambasador, ITC Roxy, ITC Fatmawati, dan ITC  Mangga Dua, hingga ITC Cempaka Mas bahkan sudah dibuka untuk pengunjung sejak Sabtu (7/8).

Beberapa mal masih belum membuka kembali layanan untuk pengunjung, seperti Plaza Indonesia dan Mal Kelapa Gading. serta AEON BSD City. Lippo Mall Kemang mengumumkan kalau mereka sudah buka kembali tetapi hanya memberikan pelayanan terbatas.  Plaza Indonesia diperkirakan akan membuka mal nya kembali paling telat pada Jumat (13/8).

"Dalam rangka mendukung program pemerintah (PPKM) untuk memutus rantai penularan COVID-19, AEON MALL BSD CITY memperpanjang penutupan sementara kegiatan operasional mall mulai tanggal 10-16 Agustus 2021," kata AEON seperti disampaikan dalam laman instagramnya.

 

Lippo Mall Kemang hanya membuka layanan terbatas
Lippo Mall Kemang hanya membuka layanan terbatas (Lippomallkemang/instagram)

 

 Berbeda dengan di Jakarta, mal-mal di Kota Bandung, Jawa Barat, belum mengumumkan akan membuka kembali layanan kepada pengunjung.  Bandung Indah Plaza melalui instagramnya mengatakan mulai dari 10 Agustus sampai pemberitahuan lebih lanjut mereka hanya akan beroperasi untuk tenant yang menyediakan kebutuhan pokok, farmasi, bank serta restoran tertentu yang menyediakan jasa. Mal Paris Van Java mengumumkan kalau mereka baru akan memulai layanan kembali besok, Rabu (11/8).

Tidak hanya membuka layanan untuk pengunjung berbelanja, mal-mal di Surabaya bahkan sudah melayani dine in atau makan di tempat. Seperti diumumkan lewat instagram,  Mal Tunjungan Plaza sudah membuka layanan dine-in untuk restoran luar ruangan. Mal terbesar di Surabaya tersebut hanya mengakui sertifikasi vaksin yang diunduh dari aplikasi PeduliLindungi . "Kartu vaksin fisik/hardcopy tidak berlaku," demikian tulis Mal Tunjungan Plaza di laman instagramnya.

Pakuwon Mall di Surabaya juga sudah membuka layana dine in sejak hari ini.  "All stores are open.  Welcome to shopping and dine-in (only at outdoor restaurants)," tutur mereka dalam instagramnya.

Paragon City Mall Semarang yang dikelola Pollux Group juga sudah melayani dine-in. "Tenant food & beverages kita sudah kembali  open dine in, take away, delivery dengan ketentuan  kapasitas maksimal 30% setiap tenant dan waktu dine in maksimal  20 menit," tutur Pollux Mall Paragon dalam instagramnya.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait