Redam Hoaks, Spanduk Manfaat Vaksinasi Disebar di Pasar

Cahya Puteri Abdi Rabbi
2 September 2021, 16:28
vaksinasi, hoaks, pasar
Katadata
Spanduk untuk menangkal hoaks soal vaksinasi terpampang di Pasar Angsodua Baru, Jambi. Keberadaan spanduk diharapkan bisa menepis keraguan masyarakat untuk ikut vaksinasi sekaligus menangkal hoaks

Program vaksinasi Covid-19 sudah berjalan hampir delapan bulan tetapi beragam hoaks masih saja berseliweran di masyarakat, baik melalui komunikasi langsung maupun lewat media sosial. Untuk meredam hoaks sekaligus memberi edukasi, Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) bekerja sama dengan Katadata kemudian menyebarkan spanduk di pasar-pasar di sejumlah provinsi.

Spanduk tersebut setidaknya sudah dipasang di sejumlah wilayah seperti Surakarta, Makassar, Jambi, Biak, Banyuwangi, Banda Aceh, Pekanbaru, hingga Kendari.

Pemasangan spanduk di pasar menjadi penting karena pasar merupakan salah satu pusat aktivitas masyarakat yang melibatkan banyak orang. Dengan adanya edukasi, diharapkan semakin banyak orang yang kemudian tidak takut vaksin atau membantu ikut menyebarkan informasi yang benar.

 "Saya sudah divaksin, alhamdulilah saya sudah sehat. Jangan takut divaksin," tutur Rahmat, pedagang di Pasar Maricaya, Makassar, kepada Katadata.

Yati, pedagang di Pasar Tanggul, Surakarta mengatakan tidak ada alasan untuk tidak ikut program vaksinasi. Selain bisa membantu untuk terhindar dari Covid-19, vaksinasi tidak memberi dampak apapun.
"Vaksin itu bagus untuk kesehatan kita. Tidak ada dampak (buruknya). Semua jadi aman sehat. Semua yang belum divaksin, saya harap tidak takut untuk divaksin karena ini buat kesehatan kita semua,"ujarnya, kepada Katadata.

Seperti diketahui, sejumlah hoaks beredar di masyarakat mengenai vaksinasi mulai dari tidak aman, bisa menimbulkan kematian, hingga adanya chip khusus yang akan dipasang ke tubuh seseorang saat divaksin.

Spanduk untuk menangkal hoaks vaksinasi di Pasar Maricaya, Makassar
Spanduk untuk menangkal hoaks vaksinasi di Pasar Maricaya, Makassar (Katadata)



Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran APPSI menyambut baik kehadiran spanduk penangkal hoaks vaksinasi.

Halaman:
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...