Kasus Covid-19 Terus Melonjak, BOR di ICU RS Georgia AS Capai 95%

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 September 2021, 11:38
Covid-19, AS, BOR
ANTARA FOTO/REUTERS/Amira Karaoud/HP/dj
Amira Karaoud Gilda Pedraza, direktur eksekutif Latino Comunity Fund wilayah Georgia, mendapatkan suntikan vaksin setelah para lansia dari komunitas imigran mendapatkan vaksinasi virus corona (COVID-19) pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh konsulat Meksiko dan petugas kesehatan setempat di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Sabtu (27/2/2021).

Tingkat keterisian tempat tidur (BOR) Unit Perawatan Intensif (ICU) di rumah sakit Georgia, Amerika Serikat (AS), dilaporkan sudah mencapai 95% sebagai imbas lonjakan kasus Covid-19.

Dilansir dari WSB-TV, Departemen Kesehatan negara bagian Georgia menyatakan 95,3% tempat tidur di ICU sudah terisi pada Jumat (3/9) lalu. Selain itu, penggunaan tempat tidur di Unit Gawat Darurat (UGD) mencapai 80% di seluruh wilayah itu. Sementara itu, keterisian tempat tidur di ruang rawat inap sebanyak 86,6%.

Dari 14 wilayah negara bagian, lima di antaranya melebihi kapasitas. Wilayah yang meliputi Columbus di Georgia barat adalah yang paling padat, dengan keterisian tempat tidur ICU 115,4%, sedangkan wilayah di Georgia tengah yang membentang dari utara Griffin ke selatan Warner Robins memiliki keterisian tempat tidur ICU sebesar 111,2%.

Sementara itu, wilayah Georgia barat yang membentang dari Roma ke selatan hingga Newnan memiliki BOR ICU sebesar 106,7% dan wilayah jauh di barat daya dan jauh di tenggara Georgia memiliki keterisian tempat tidur lebih dari 100%.

Hingga kini, total pasien yang dirawat akibat Covid-19 sebanyak 5.893 pasien, jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sejak pandemi melanda dunia. Lebih dari 34% pasien yang dirawat di rumah sakit di Georgia adalah pasien Covid-19.

Pada 4 September lalu, 96% pasien Covid-19 yang dirawat di Sistem Kesehatan Wellstar yang berada di unit perawatan intensif belum divaksinasi. Hanya tujuh pasien yang divaksinasi yang menggunakan ventilator dibandingkan dengan 114 pasien yang tidak divaksinasi.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...