Eropa Timur dan Tengah Dibidik Jadi Pasar Besar Untuk Komoditas RI

Cahya Puteri Abdi Rabbi
6 Oktober 2021, 17:48
Eropa, Eropa Timur, ekspor
Pixabay
Pemandangan Kota Kiev, Ukraina. Ukraina merupakan pasar potensial bagi produk Indonesia di Eropa bagian timur

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bersama dengan kementerian dan instansi terkait, terus  berupaya meningkatkan nilai kerja sama ekonomi di kawasan Eropa Tengah dan Eropa Timur, terutama ekspor.

Kementerian Luar Negeri terus melakukan berbagai terobosan, salah satunya upaya yang dilakukan yakni dengan inisiatif pelaksanaan Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum (INACEE Business Forum) besok Kamis, (7/10).

Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Sade Bimantara mengatakan, tujuan dari adanya bisnis forum ini yakni untuk meningkatkan nilai perdagangan produk Indonesia.

Juga untuk memperluas akses pasar ke pasar yang bersifat non tradisional dan pengenalan potensi pasar, serta peningkatan investasi dan wisatawan dari Eropa Tengah dan Timur.

“Indonesia dengan kawasan Eropa Tengah dan Timur memiliki potensi kerja sama yang sangat besar, dan kami harapkan salah satu upaya ini kami bisa menjadi pendorong dan terus membangun momentum untuk meningkatkan kerja sama Indonesia yang saling menguntungkan dengan kawasan Eropa Tengah dan Timur,” kata Sade dalam sebuah webinar, Rabu (6/10).

 Kegiatan forum bisnis Indonesia di Eropa Tengah dan Timur akan diselenggarakan secara hybrid.  Forum ini juga akan membangun interaksi bisnis untuk menjembatani usaha Eropa Tengah dan Timur serta sebagai ajang mempromosikan Indonesia pada Trade Expo Indonesia.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Pasar Dan Informasi Ekspor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Hari Widodo menyampaikan, ekspor produk Indonesia ke Eropa Tengah pada periode Januari – Juli 2021 mencapai US$ 2,6 miliar.

Angka tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan yakni sebesar 23,6% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat US$ 2,04 miliar.

Sedangkan nilai ekspor ke Eropa Timur pada periode Januari – Juli 2021 juga mengalami kenaikan sebesar 58,1%. Dari yang sebelumnya sebesar US$ 910 juta menjadi US$ 1,44 miliar.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...