Kasus Covid-19 Bertambah 403, Terendah dalam 17 Bulan

Rasio positif harian pada Senin (1/11) tercatat 0,29%. atau yang terendah sejak pandemi Covid-19 Maret tahun lalu.
Image title
1 November 2021, 18:08
Covid-19, pandemi, corona
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Seorang seniman Kalbar membuat lukisan mural saat mengikuti Festival Mural Bhayangkara di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (30/10/2021). Pada Festival Mural Bhayangkara tersebut belasan tim seniman lukis Kalbar membuat mural tentang peran generasi muda untuk berkreasi dalam menyampaikan informasi yang positif di masa pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.\

Perkembangan kasus Covid-19 masih menunjukkan tren positif. Kementerian Kesehatan mencatat tambahan kasus konfirmasi Covid-19 pada hari ini, Senin (1/11) sebanyak 403 kasus, terendah sejak 11 Mei 2020 (233 kasus) atau lebih dari 17 bulan.

Tambahan kasus positif hari ini turun 22,9% dibandingkan Minggu kemarin (31/10).  Sepanjang tahun ini, Indonesia hanya dua kali melaporkan tambahan kasus di bawah 500 yakni pada 25 Oktober (460) dan hari ini.

Catatan positif lainnya adalah tidak ada satupun provinsi yang melaporkan adanya tambahan kasus di atas 100, di awal November ini,

 DKI Jakarta melaporkan tambahan kasus positif terbanyak pada hari ini, yaitu 83 kasus atau turun 26,5% dibandingkan hari sebelumnya.

Advertisement

Kemudian disusul dengan Jawa Tengah mencatat tambahan sebanyak 65 kasus, naik 20,4% dibandingkan kemarin.

Selanjutnya, tambahan kasus corona terbanyaka da di Jawa Barat yang mencapai 46 kasus, turun 54% dibandingkan Minggu.

Sementara itu, tambahan kasus Covid-19 di Jawa Timur hari ini mencapai 38 kasus atau menurun 33,3% dibandingkan sehari sebelumnya.

Tambahan kasus hari ini diambil dengan melakukan pemeriksaan terhadap 137.373 orang. Secara kumulatif, sudah ada 31.373.386 orang yang diperiksa sepanjang pandemi corona.

 Dengan demikian rasio positif harian tercatat 0,29%. Capaian positivity rate tersebut menjadi yang terendah sejak pandemi.

Jika menghitung NAAT (RT-PCR dan TCM) rasio positif menjadi 0,87% sementara jika menghitung antigen tercatat 0,08%.

Dengan tambahan kasus pada hari ini, total kasus Covid-19 sejak Maret 2020 lalu menembus 4.244.761.

Sementara, kasus aktif pada hari ini turun 399 kasus dibandingkan kemarin. Dengan demikian, total kasus aktif sebanyak 11.919.

Di sisi lain, angka sembuh yang dilaporkan pada hari ini ialah sebanyak 784 sehingga total kasus sembuh mencapai 4.089.419.

 Sementara, angka kematian akibat corona pada hari ini sebanyak 18 kasus, naik 5,8% dibandingkan kemarin. Meski meningkat, ada 24 provinsi yang mencatatkan nol kematian pada hari ini.

Jawa Tengah masih mencatatkan kasus kematian tertinggi, yaitu sebanyak tujuh kasus disusul kemudian dengan Lampung dengan tiga kasus.

Delapan provinsi lainnya melaporkan satu kematian pada hari ini.

Meski mengalami perbaikan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menemukan adanya kenaikan kasus corona di ratusan kabupaten/kota dalam beberapa waktu terakhir.

Namun, Muhadjir tidak memerinci wilayah mana saja yang mengalami kenaikan kasus.

"Ada sekitar 131 kabupaten/kota yang mengalami tren naik," kata Muhadjir dalam konferensi pers virtual, Senin (11/1).

 Dia pun mengingatkan, seluruh pihak tetap harus waspada terhadap potensi penularan Covid-19 meskipun terjadi tren penurunan kasus secara keseluruhan.

Pemerintah juga akan mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus pada Natal dan tahun baru.

"Langkah tersebut ditetapkan diperkuat dengan vaksinasi, protokol kesehatan, serta tracing, testing, dan treatment," ujar dia.

Berdasarkan data Google Mobilty, mobilitas penduduk di Indonesia mulai mengalami peningkatan pada supermarket, toko grosir makanan, pasar tradisional, hingga toko makanan khusus sebesar 27% dibandingkan dasar pengukuran.

Kemudian, peningkatan mobilitas juga terjadi di restoran, kafe, pusat belanja, taman hiburan dan bioskop sebesar 6%.

Demikian pula dengan tren mobilitas pada area permukiman meningkat 5%. Sementara, mobilitas ke tempat taman nasional, pantai umum, taman umum naik 1%.


Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait